Survey JRC: Elektabilitas PDIP di DKI Jakarta Tetap di Puncak, PSI Menyalip Partai Besar

Ilustrasi. Simbol PDI Perjuangan.

Pemilihan legislatif (Pileg) DKI Jakarta diperkirakan masih dikuasai PDI Perjuangan. Elektabilitas PDI Perjuangan mencapai 20,09 persen, tidak jauh berbeda dari hasil Pileg 2019 yaitu sebesar 22,6 persen.

JAKARTA, NEWSURBAN.ID — Pemilihan legislatif (Pileg) DKI Jakarta diperkirakan masih dikuasai PDI Perjuangan. Survei Jakarta Research Center (JRC) yang dilakukan pada 1-10 April 2021, elektabilitas PDI Perjuangan mencapai 20,09 persen, tidak jauh berbeda dari hasil Pileg 2019 yaitu sebesar 22,6 persen.

Dalam survey itu, partai baru, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang secara mengejutkan meraih delapan kursi di PIleg 2019 diperkirakan bakal menyalip sejumlah partai besar pada Pileg 2024.

Peringkat tiga besar yang semula dikuasai Gerindra dan PKS bergeser, digantikan PSI dan Golkar. PSI yang sebelumnya meraih 6,8 persen suara moncer menjadi 15,4 persen. Sedangkan Golkar dari 5,1 persen menjadi 8,3 persen, memantapkan diri di tiga besar.

Baca Juga: SMRC: Bila Pemilu Sekarang, 31,3 Persen Publik Pilih PDIP

Pada urutan berikutnya adalah PKS yang anjlok dari 15,5 persen menjadi 7,6 persen. Sebaliknya dengan Demokrat yang naik dari 5,2 persen menjadi 7,1 persen. Gerindra turun dari 15,8 persen menjadi 5,6 persen.

JRC menilai lonjakan elktbilitas PSI terdongkrak oleh sikap kritis PSI di DPRD DKI Jakarta. Misalnya soal isu banjir, rumah DP 0 persen, dan transparansi anggaran. Sementara pemilih Jakarta cenderung rasional dan sangat melek informasi.

Sementara dua parpol utama pengusung Anies, yaitu Gerindra dan PKS justru rontok. Kinerja Anies yang dianggap tidak menunjukkan prestasi signifikan turut memberi disinsentif bagi parpol-parpol pengusungnya.

Parpol lainnya adalah NasDem 6,4 persen, PKB 2,9 persen, parpol baru Ummat 2,1 persen, PAN 1,9 persen, dan PPP 1,4 persen.

Baca Juga: Megawati Yakin PDIP dan NU Terus Beriringan

Sisanya parpol-parpol kecil yaitu Perindo 0,9 persen, Berkarya 0,6 persen, Hanura 0,3 persen, dan parpol baru Gelora 0,1 persen.

Survei Jakarta Research Center (JRC) dilakukan pada 1-10 April 2021, secara tatap muka kepada 800 responden mewakili seluruh wilayah di DKI Jakarta. Metode survei adalah multistage random sampling, dengan margin of error ±3,4 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Dilansir dari pdiperjuangansumut. (*)

One thought on “Survey JRC: Elektabilitas PDIP di DKI Jakarta Tetap di Puncak, PSI Menyalip Partai Besar

  1. Pingback: Pengurus PKS Berguru Cara Mengurus Negara ke PDI Perjuangan | Newsurban

Leave a Reply