Bakti TNI, Satuan 81 Kopasus Bantu Warga Terdampak Pandemi

Peduli pada masyarakat sebagai Karya Bhakti Satnonkowil TNI, Satuan 81 Kopasus mengecat musala dan bagi-bagi bahan kebutuhan pokok kepada kaum dhuafa.

MAGELANG, NEWSURBAN.ID — Dandenban Satuan 81 Kopassus Mayor Inf Heribertus Purwanto mengatakan satuannya melaksanakan Karya Bhakti Satnonkowil TNI “Optimalisasi Karya Bhakti TNI dengan Elemen Masyarakat untuk Mewujudkan Pertahanan Darat yang Tangguh”, selain sebagai jembatan menjalin silahturahmi, juga untuk meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama di masa pandemi Covid-19.

“Pandemi Covid-19 yang berlangsung sepanjang tahun 2020 sampai dengan saat ini belum berakhir. Hal ini tidak hanya berdampak pada sektor kesehatan namun juga pada sektor ekonomi. Seluruh kegiatan ekonomi mengalami kontraksi tak terhindarkan sepanjang tahun 2020. Sebagai bentuk kepedulian pada masyarakat, Satuan 81 Kopasus turun membantu untuk meringankan beban masyarakat,” jelas Heribertus Purwanto.

Karya Bhakti Satnonkowil TNI ini Satuan 81 Kopassus TA 2021 ini bekerja sama dengan lima unsur pentahelix, yaitu Koramil, Polsek, Pemerintah Daerah, dan Korporasi setempat serta Komunitas Lembaga Persatuan Relawan Borobudur (LPRB). Karya Bhakti dilaksanakan di sekitaran lokasi tempat latihan Satuan 81 Kopassus, di dua lokasi yang berbeda, yaitu di Kecamatan Bandongan dan Kecamatan Salaman, Magelang.

Dimotori tim Ster Sat-81 Kopassus, kolaborasi aksi sosial dilakukan antara lain gotong royong kerja bakti di musala Al-Amin, Dusun Krajan II, Desa Gandum Sari, Kecamatan Bandongan. Selain itu, tim membagikan 100 paket sembako di Dusun Kupatan, Desa Ngadiharjo, Kecamatan Salaman.

Pembagian paket sembako diserahkan langsung Komandan Latihan Heribertus Purwanto kepada warga Dusun Kupatan yang didampingi oleh Babinsa Koramil Borobudur, Babinkamtibmas Polsek Borobudur serta Pemda Setempat.

Menurut Heribertus Purwanto, bakti sosial ini juga bertujuan meningkatkan kesadaran kolektif bagi masyarakat di Dusun Tawang Sari, Desa Ngadiharjo, Kecamatan Salaman yang sedang menjalankan isolasi mandiri untuk tetap produktif.

Karya Bhakti Satnonkowil TNI Satuan 81 Kopassus TA 2021 yang diadakan selama dua hari (4-5 Mei 2021) ini, warga merasa sangat terbantu. (*)

Leave a Reply