Salam Lima Jari, Cara Walikota Hadi Bumikan Pancasila

“Salam Pancasila dilakukan dengan mengangkat lima jari di atas pundak dengan lengan tegak lurus. Makna mengangkat kelima jari di atas pundak adalah sebagai simbol penghormatan seluruh elemen masyarakat terhadap lima sila Pancasila.” Walikota Palu Hadianto Rasyid.

PALU, NEWSURBAN.ID — Salam Pancasila sebagai salam kebangsaan, untuk menumbuhkan kembali semangat kebangsaan serta menguatkan persatuan dan kesatuan yang terganggu karena menguatnya sikap intoleran.

Hal ini disampaikan Wali Kota Palu H Hadianto Rasyid di sela-sela pembukaan Launching Vaksin Ranger Duta Vaksin dan Festival Vaksin Menuju Palu Sehat Bebas Covid-19 di halaman kantor Wali Kota Palu pada Senin (14/6/2021).

Baca Juga: Menuju Titik Nol Corona, Walikota Palu Luncurkan Ranger Duta Vaksin

Menurut Hadi, Salam Pancasila dilakukan dengan mengangkat lima jari di atas pundak dengan lengan tegak lurus. Makna mengangkat kelima jari di atas pundak lanjut dia, adalah sebagai simbol penghormatan seluruh elemen masyarakat terhadap lima sila Pancasila.

“Penghormatan dan pelaksanaan sila-sila mesti dilakukan oleh seluruh elemen masyarakat, mulai dari pejabat negara hingga seluruh anggota masyarakat,” ungkapnya.

Baca Juga: Wawali Reny Kukuhkan Pengurus Dekranasda Kota Palu 2021-2024

Salam Pancasila sangat sejalan dengan makna dari kata ‘salam’ itu sendiri. Kata ‘salam’ memiliki arti sangat luas dan dalam, tidak hanya berarti keselamatan tetapi juga ‘perdamaian’.

Salam berarti kedamaian yang dalam arti luas, berarti ‘kita bersaudara’, ‘kita dalam kedamaian’ yang sama sekali membuang jauh unsur-unsur kebencian atau penolakan atas segala apapun yang telah kita sepakati.

Baca Juga: Ketua Harian KONI Palu Reynold Kasruddin Komitmen Pacu Prestasi Olahraga Bersama Pemkot

Wali Kota Palu juga berharap dari pihak Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menjadikan kota Palu sebagai salah satu kota yang mencanangkan Salam Pancasila ini. Dan meminta kepada seluruh OPD di jajaran Pemkot Palu dan disetiap gawean acara agar lebih dimasifkan lagi kata Salam Pancasila. (ysf)

Leave a Reply