Seratus Hari Nakhodai Kota Palu, Begini Capaian Program Kerja Hadianto-Reny

Walikota Palu H Hadianto Rasyid (kiri) dan Wakil Walikota Palu Reny A Lamadjido memimpin rapat koordinasi pelaksanaan 53 program 100 hari kerja.

Seratur hari kerja tentu tidak cukup untuk mengukur kinerja pasangan kepala daerah. Namun bisa memberi gambaran penerapan janji kampanye pasangan calon. Akan halnya pasangan Hadianto-Reny (Walikota & Wakil Walikota Palu). Begini capaiannya selama 100 hari kerja.

PALU, NEWSURBAN.ID — Walikota Palu H Hadianto Rasyid bersama Wakil Walikota Palu Reny A Lamadjido menerapkan visi misinya dalam 53 program kerja.

Evaluasi atas penerapan 53 program kerja tersebut dipaparkan dalam rapat koodinasi bertajuk The First 100 Days di ruang Bantaya kantor wali kota palu pada Selasa (15/6/2021).

Hadir dalam pertemuan tersebut para kepala OPD dan Camat serta sejumlah wartawan media, tim pendamping wali kota Palu. Secara garis besar, Wali Kota Palu H Hadianto Rasyid SE memaparkan capaian selama 100 hari kerja.

Berikut 53 program 53 program kerja tersebut dipaparkan dalam rapat koodinasi bertajuk The First 100 Days Hadianto-Reny:
Seperti pada peningkatan Pelayanan Publik,
Pelayanan Kependudukan, Pelayanan
Kesehatan, dan Kedisiplinan ASN.

Percepatan Rehabilitasi dan Rekonstruksi
Pasca Bencana:
1. Percepatan Penyelesaian Dana Stimulan
2. Percepatan Penyelesaian Permasalahan
Pembangunan Huntap dan Jembatan IV
3. Percepatan Penanganan Covid-19
4. Pelaksanaan Program Prioritas (Program 53)
Palu Mantap Bergerak
100 Hari Kerja
Palu Mantap Bergerak.

Peningkatan Pelayanan Publik
Pelayanan Kependudukan, Pelayanan Kesehatan, dan
Kedisiplinan ASN. Untuk indeks kepusasan masyarakat terhadap unit
* Layanan kependudukan mencapai 82,92 persen berkategori baik.

* Indeks kepuasan masyarakat terhadap unit layanan puskesmas dengan unsur pelayanan yang disurvei:
(1) Persyaratan; (2) Prosedur; (3) Waktu Pelayanan; (4) Produk Layanan; (5) Kompetensi Pelaksana;
(6) Perilaku Pelaksana; (7) Penangangan Pengaduan, Saran, dan Masukan; dan (8) Sarana dan Prasarana

Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Publik
selama 100 Hari Kerja Pemerintah Kota Palu.
* Berdasarkan survei pada masyarakat yang
menerima layanan kependudukan.
Berdasarkan survei pada masyarakat yang
menerima layanan puskesmas
79,85 persen (Kategori baik).

* Pendapat ASN terhadap Penerapan jam kerja baru
selama 100 Hari Kerja Pemerintah Kota Palu mencapai
79,30 persen.
* Tingkat Penerimaan ASN
terkait Pelaksanaan Sidak
94,60 persen.
* Tingkat Penerimaan ASN
terkait Penerapan Sanksi bagi
Pelanggar Jam Kerja
berdasarkan PP 53/2010
Tingkat Persetujuan ASN
terhadap Penerapan Masuk
Kerja 07.15 WITA
41,00 persen.
* Tidak setuju 59,00 persen,
Setuju
* Pendapat Publik terkait Penerapan Jam Kerja Baru
selama 100 Hari Kerja Pemerintah Kota Palu
64,00 persen.

Merasakan Adanya Perbaikan terhadap Pelayanan
* 60,00 persen Menyatakan Perlu Adanya Perubahan Jam Kerja
* 71,00 persen, Menyatakan Tidak Perlu Membuka Pelayanan di luar Jam Kerja

Pengetahuan Publik terhadap Penerapan Masuk Kerja 07.15 WITA
* 12,00 persen Belum Tahu
* 88,00 persen Sudah Tahu.

Untuk percepatan Rehabilitasi dan Rekonstruksi
Pasca Bencana
a. Percepatan Penyelesaian Dana Stimulan
b. Percepatan Penyelesaian Permasalahan Pembangunan
Huntap dan Jembatan IV

Percepatan Penyelesaian Dana Stimulan Pasca
Bencana
* 100 persen masuk ke dalam SK Penerima Dana Stimulan
Rencana Penerima Dana Stimulan Tahap II Lanjutan (Maret – Juni 2021) 21.014 17.568 Jumlah Penerima dalam SK Penerima Dana Stimulan.

* Sebanyak 3.446 Data Anomali (digugurkan) 74 persen sudah menerima buku rekening (12.962).

* Dana masuk ke rekening penerimah paling lambat dua minggu setelah diterbitkan SK penerima dana stimulan percepatan penyelesaian Permasalahan Pembangunan Hunian Tetap dan Jembatan IV Baru.

* Penyelesaian lahan Huntap Talise, penyelesaian lahan Huntap Duyu, penyelesaian lahan Jembatan IV Baru, Penyelesaian lahan
Huntap Ngatabaru (dalam proses)

* Pembangunan Huntap Talise dan Huntap Duyu kembali dimulai tanggal 18 Juni 2021.

* Kunjungan bersama Wakil Menteri PUPR dan Wakil Menteri ATR/BPN dalam pangka percepatan penyelesaian pembangunan Huntap di Kota Palu.

* Lokasi Pembangunan Huntap Talise musyawarah dan survei lahan Huntap bersama masyarakat Kelurahan Talise Valangguni dan Kelurahan Petobo, musyawarah bersama masyarakat terkait lahan Hunian Tetap di Kelurahan Duyu.

* Kunjungan Bersama Wakil Menteri PUPR dan Wakil
Menteri ATR/BPN di Hunian Tetap Duyu musyawarah bersama masyarakat terkait lahan Pembangunan Jembatan IV di Kelurahan Lere.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Palu dr Reny A Lamadjido Sp PK M.Kes menyampaikan progres percepatan penanganan
Covid-19 (data per 2 Juni 2021) Zona Kuning (Zona Resiko Rendah) per tanggal 2 Juni 2021 hingga saat ini Zona Orange per tanggal 9 April 2021. Zona Merah pada tanggal 26 Februari 202.

Capaian Pemberian Vaksin Covid-19
* Tahap 1 dan Tahap 2 per tanggal 5 Juni 2021, sebesar 65,48 persen Dosis 1Capaian Penerima Vaksin: 45.264
54,40 persen Dosis 2Capaian Penerima Vaksin: 37.610
69.133.

Sasaran Penerima Vaksin Covid-19 di Kota Palu Case Fatality Rate (CFR) 3,06 persen, 9,23 persen, Capaian Nasional 5,98 persen. Capaian nasional percepatan pemberian Vaksin Covid-19
(data per 2 Juni 2021) Dosis 1 sebesar 105,50 persen,
Dosis 2 mencapai 100,05 persen, tenaga Kesehatan
(5.595), Lansia (28.879), Guru (4.591), tokoh Agama (984),
TNI/Polri (4.089), pelayanan publik (34.659).

Dosis 1 sebesar 19,72 persen, dosis 2 sebesar 19,11 persen, Dosis 1 sebesar 14,72 persen, Dosis 2 sebesar 12,29 persen, Dosis 1 sebesar 66,30 persen, Dosis 2 sebesar 25,85 persen, dosis 1 sebesar 101,30 persen, Dosis 2 sebesar 82,12 persen, Dosis 1 sebesar 156,09 persen, Dosis 2 sebesar 137,25 persen. (*)