Sri Mulyani Ungkap Skenario Perpanjang PPKM Darurat Sampai 6 Minggu

“PPKM Darurat selama 4-6 minggu dijalankan untuk menahan penyebaran kasus. Mobilitas masyarakat diharapkan menurun signifikan,” terang Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati disampaikan dalam rapat bersama Badan Anggaran DPR secara virtual, Senin (12/07/21 ).

JAKARTA, NEWSURBAN.ID — Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat selama 4-6 minggu dijalankan untuk menahan penyebaran kasus covid-19.

“PPKM Darurat selama 4-6 minggu dijalankan untuk menahan penyebaran kasus. Mobilitas masyarakat diharapkan menurun signifikan,” terang Sri Mulyani dalam bahan paparan yang disampaikan dalam rapat bersama Badan Anggaran DPR secara virtual, Senin (12/07/21 ).

Baca juga: Pemerintah Ingatkan Pengusaha Tidak Lakukan PHK Saat PPKM Darurat

Dalam paparan tersebut, Sri Mulyani menerangkan risiko pandemi covid-19 masih tinggi, khususnya varian baru (delta). Hal itu memengaruhi aktivitas perekonomian.

Kenaikan kasus dan penerapan PPKM akan berimbas pada tingkat konsumsi masyarakat akan melambat. Dampaknya pemulihan ekonomi akan tertahan.

“Pertumbuhan ekonomi triwulan III diprediksi melambat 4 persen hingga 5,4 persen yoy,” jelas paparan tersebut.

Baca juga: Jokowi Resmi Berlakukan PPKM Darurat Mulai 3-20 Juli di Jawa dan Bali

Secara akumulasi, Kementerian Keuangan memperkirakan ekonomi tahun ini tumbuh 3,7 persen hingga 4,5 persen. Angka itu membaik dari realisasi tahun lalu, minus 2,7 persen.

Untuk menekan dampak pandemi terhadap perekonomian, belanja Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) akan diperkuat.

Baca juga: PPKM Mikro Gowa, Hari Pertama Tim Temukan Tempat Usaha Membandel

Selain itu, pemerintah juga perlu melakukan akselerasi vaksinasi, penyelenggaraan PPKM Darurat yang efektif, serta kesiapan sistem kesehatan. (*)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button