Pacu Pembangunan, Gubernur Rusdy Minta Support Satgas Penanggulangan Bencana PUPR

Gubernur Rusdy Mastura terus melakukan terobosan untuk mempercepat rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana di Sulawesi Tengah. Untuk itu, Rusdy meminta support dari Stagas Penanggulangan Bencana Kementerian PUPR.

PALU, NEWSURBAN.ID — Gubernur Sulawesi Tengah H Rusdy Mastura, mengajukan dukungan kepada Satgas Penanggulangan Bencana PUPR, untuk dapat mensupport percepatan pembangunan Masjid Agung dan Kantor Bupati Sigi, Kamis, 22 Juli 2021.

Rusdy melihat lambatnya rehab dan rekon dampak bencana gempa bumi, tsunami dan likufaksi sehingga terus melakukan perhatian dan terobosan. Rusdy juga melakukan kalaborasi dengan semua pihak dalam hal percepatan rehab dan rekon dalam hal ini Kementrian PUPR dan Satgas Penanggulangan Bencana Sulawesi Tengah PUPR.

Baca Juga: Jalani Isolasi Mandiri, Gubernur Rusdy Terus Memantau Penanganan Covid di Sulteng

Sebelumnya Gubernur mengambil kebijakan menyelesaikan masalah pembebasan lahan untuk Pembangunan Huntap, Jembatan IV, dan SPAM yang ada di Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Donggala. Itu dilakukan karena Satgas PUPR tidak dibenarkan sesuai aturan untuk melakukan pembebasan lahan. Maka semua permasalahan tentang pengadaan lahan diambil alhi provinsi dengan mengalokasikan anggaran Rp61,8 M, melalui dana APBDP tahun 2021.

Gubernur juga melihat, pembangunan ke depan harus merata di seluruh kabupaten seprovinsi sulawesi tengah. Makassar untuk mempercepat pembangunan infrastruktur yang rusak akibat bencana dan sangat Strategis untuk dipercepat pembangunannya, Rusdy memohon kepada menteri PUPR dan  Satgas PUPR untuk memberikan Dukungan untuk percepatan pembangunannya.

Baca Juga: Berstatus OTG, Gubernur Rusdy Test Drive Mobil Listrik

Usulan gubernur Rusdy kepada Menteri PUPR adalah:

  1. Pembangunan Masjid Agung, yang sudah diratakan akibat Bencana yang terjadi sampai saat belum bisa di bangun karena keterbatasan anggaran. Masjid Agung merupakan Masjid Kebanggaan Masyarakat Sulawesi Tengah diharapkan Satgas PUPR dapat mendukung percepatan Pembangunannya.
  2. Pembangunan dan Rehabilitas Kantor Bupati Sigi. Sampai saat ini Bupati Sigi dan Sekretariat masih berkantor di Kantor Camat Dolo, karena kantor Bupati Sigi yang rusak parah akibat bencana belum bisa dipergunakan. 
  3. Pembangunan Kantor Dinas Lingkungan Hidup dan Kantor BPBD Propinsi Sulawesi Tengah. Karena kantor Dinas Lingkungan Hidup hancur akibat Tsunami dan BPBD Rusak Parah akibat Bencana.

Baca Juga: Rusdy Minta DPRD Sulteng Kerja Sama Membangun Daerah dengan Kepentingan Rakyat

Jumlah Biaya yang dibutuhkan Gubernur mengharapkan secara teknis OPD Provinsi dan kabupaten Sigi akan melakukan Koordinasi dengan Satgas PUPR  harapan Gubernur kiranya mendapat persetujuan dari Menteri PUPR dan Satgas PUPR.

Rusdy berharap menteri PUPR dan Satgas dapat kiranya  memberikan persetujuan pembangunan infrastruktur tersebut. (hms/ysf)

Related Articles

Back to top button