Wabup Hanafiah Hadiri Peringatan Hari Anak Nasional Melalui Virtual

Wakil Bupati Nunukan H Hanafiah menghadiri kegiatan Hari Anak Nasional (HAN) yang dilaksanakan secara virtual di Raung Pertemuan VIP lantai IV Kantor Bupati Nunukan, Jumat (23/07).

NUNUKAN, NEWSURBAN.ID — Berdasarkan keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 44 tahun 1984 telah ditetapkan Hari Anak Nasional (HAN) setiap tanggal 23 juli. Pada tahun 2021 ini HAN dilaksanakan dengan mengambil tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” dengan tagline #AnakPedulidiMasaPandemi.

Kegiatan ini turut dihadiri Kepala Disdukcapil Nunukan Akhmad, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kab. Nunukan Faridah Aryani, Sekertaris Dinas Sosial Kabupaten Nunukan, Yaksi Belaning Pratiwi, para undangan serta anak anak penerima akta kelahiran.

Baca Juga: Vaksinasi Massal di Nunukan, Kuota 900 Dosis Habis Sehari

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati berharap Peringatan HAN 2021 yang dikemas secara online dapat menjangkau lebih banyak anak dari 34 provinsi di Indonesia, termasuk Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus (AMPK).

Pada Peringatan HAN 2021, Menteri Bintang menyampaikan bahwa salah satu hal istimewa pelaksanaan HAN Tahun 2021 ini adalah mendengarkan dan berdialog secara virtual dengan anak-anak Indonesia terkait keinginan, harapan, dan kendala yang mereka alami melalui Suara Anak Indonesia (SAI).

Baca Juga: Perkuat Kerja Sama, Danlantamal XIII Tarakan Temui Bupati Nunukan

“Pada tahun-tahun sebelumnya kita hanya mendengarkan rangkuman SAI secara berjenjang, mulai dari tingkat desa. Namun, tahun ini kita mendengarkan SAI secara langsung. Tidak hanya berdialog dengan FAN, kami juga berdialog dengan anak-anak berkebutuhan khusus, anak telantar, anak korban teroris, dan anak-anak binaan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA),” ujar Menteri Bintang.

Kegiatan tersebut diantaranya mendengarkan Suara Anak Indonesia (SAI), edukasi bagi orangtua tentang pengasuhan, dialog dengan Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus (AMPK), edukasi pada anak untuk menanamkan sifat jujur bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), serta pemberian paket pemenuhan kebutuhan spesifik bagi anak yang membutuhkan, peningkatan gizi anak melalui Gemar Makan Ikan bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Baca Juga: Program Bapak Tiri Hebat Diresmikan, Masyarakat Nunukan Tak Lagi Repot Bayar Pajak

“Saya berharap di masa pandemi orangtua agar terus memberikan pendampingan dan motivasi bagi anak-anak untuk tetap semangat, kreatif, dan inovatif walaupun di rumah. Saya juga berpesan agar para orangtua sebagai pendamping selain memberikan yang terbaik bagi anak-anak, harus terus menaati protokol kesehatan, serta mengedukasikannya kepada anak-anak dalam momentum Peringatan HAN 2021,” tutur Menteri Bintang.

Selain mengikuti acara peringatan HAN secara Virtual, pada kesempatan ini Disdukcapil Nunukan bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Nunukan memberikan akta kelahiran anak kepada 50 orang anak dengan secara simbolis, penyerahan akta kelahiran ini diberikan kepada Anak – anak yang rentan, sperti anak disabilitas, anak Pekerja Migran Indonesia, dan anak yang berada di panti asuhan. (hms/ad/*)

Related Articles

2 Comments

  1. Ping-balik: keto diet beer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button