Kota Palu dan Morowali Utara di Sulteng Masuk PPKM Level IV

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemberian PPKM level IV melihat jumlah tren peningkatan penularan Covid mingguan masih tinggi dan tingkat kematian meningkat.

PALU, NEWSURBAN.ID — Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) terdapat dua daerah masuk kategori Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level IV.

“Dua daerah Sulteng masuk dalam daftar level IV yakni Kota Palu dan Kabupaten Morowali Utara,” ungkapnya saat menggelar rapat penanganan covid-19 secara virtul, Minggu (26/06/21).

Baca juga: Pelaku Usaha dan Warga Langgar PPKM di Palu: Maka Harus Dibubarkan

Airlangga mengatakan, pemberian PPKM level IV melihat jumlah tren peningkatan penularan Covid mingguan masih tinggi dan tingkat kematian meningkat. Menurutnya, untuk penanganan dan penanggulangannya dalam penularan Covid-19 dengan memberlakukan PPKM Level I sampai IV.

“Harapan Presiden RI Kepada Gubernur, Bupati dan Walikota agar terus melakukan edukasi kepada masyarakat, agar masyarakat dapat mematuhi Protokol Kesehatan yang lebih Ketat lagi,” katanya.

Baca jugaEvaluasi PPKM Mikro, Pemkot Palu Pantau Sejumlah Titik Rawan Kerumunan

Airlangga menegaskan di Sulteng masuk dalam daftar level IV melakukan penutupan sejumlah pusat belanja atau Mal, warung makan dan tempat ibadah untuk sementara waktu ditutup.

“Kecuali tokoh obat dan Apotek di buka dengan menerapkan protokol kesehatan cukup ketat. Ketentuan ini berupa Intruksi Mendagri untuk ditindaklanjuti masing-masing kepala Daerah di wilayahnya,” tegasnya.

“Kepada Kepala Daerah dan unsur Forkopimda dapat bersinegi untuk melakukan penanggulangan secara masiv, agar penularan Covid dapat ditekan di wilayahnya,” harap Airlangga.

Sementara, Gubernur Sulawesi Tengah di wakili Sekda Propinsi H. Mulyono mengatakan kepada semua pihak untuk segera menindaklanjuti semua kebijakan yang sudah ditetapkan pemerintah Pusat.

Baca juga: PPKM Level IV di Makassar, Walikota Danny: Kita Tunggu Instruksi Pusat

Untuk daerah yang sudah ditetapkan masuk Level IV yakni Kota Palu dan Kab. Morowali Utara  yang menjadi perhatian kita semua. “Kabupaten Banggai juga perlu ada perhatian karena peningkatan kasusnya sangat tinggi dan tingkat kematiannya juga sangat Tinggi,” ungkap Mulyono.

Untuk Kabupaten Sigi dan Poso, lanjut dia, tren peningkatan kasusnya juga agak meningkat. “Harapan Gubernur agar perlindungan sosial dari pemerintah Propinsi dan Kabupaten dan Kota Palu diminta supaya dapat dipastikan tersalurkan dengan baik dan  bantuan-bantuan yang sudah terprogram agar segera direalisasikan,” harapnya.

Dalam rapat tersebut dihadiri Sekda Provinsi H. Mulyono, SE,Ak, MM, Mewakili Gubernur, didampingi Kalak BPBD Musu Tombolotutu, Kadis Sosial, Ridwan Mumu, Kadis Perhubungan , Sisliandy, Kadis Kesehatan diwakil, Dr. Jumriani. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button