Cegah Penularan Corona, Dinkes Kota Palu Latih Pemulasaran Jenazah Pasien Covid-19

Untuk mencegah penularan corona virus Covid-19, Dinas Kesehatan Kota Palu melatih para tenaga kesehatan perihal tata cara mengurus jenazah korban Covid-19 sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP).

PALU, NEWSURBAN.ID — Ketua Tim Survailens Kota Palu dr Rochmat Yasin M.Kes menyebutkan bahwa dalam kondisi wabah Covid-19 dibutuhkan komitmen dan tanggung jawab semua pihak untuk bekerja sama menyelesaikan masalah termasuk dalam pelaksanaan pemulasaran jenazah pasien COVlD-19.

Pelatihan pemulasaran Jenazah Covid-19 dilaksanakan di Posko PPKM Covid-19 di Baruga Vatulemo pada Senin 02-08-2021.

Baca Juga: Tak Miliki Izin, Tim Gabungan Kota Palu Peringatkan Penyelenggara Hajatan Pernikahan Taat Prokes

Adapun tujuan pelatihan pemulasaran jenazah Covid-19 adalah sebagai untuk mencegah transmisi/penularan penyakit dari jenazah ke petugas, pengunjung dan ke lingkungan.

Petugas yang menangani jenazah memakai APD lengkap (gaun sekali pakai, lengan panjang dan kedap air, sarung tangan nonsteril (satu lapis) yang menutupi manset gaun, pelindung wajah atau kacamata (untuk antisipasi adanya percikan cairan tubuh), masker bedah, celemek karet (apron) dan sepatu tertutup yang tahan air.

Baca Juga: Kasus Covid Meningkat, Pemkot Palu Masifkan 3 T, Kampanye 3M dan Gerakan 5M

Perlakuan terhadap jenazah tidak dilakukan suntik pengawet dan tidak dibalsem. Jenazah dibungkus dengan menggunakan kain kafan kemudian dibungkus dengan bahan dari Plastik (tidak tembus air), setelah itu diikat.

Masukan jenazah ke dalam kantong jenazah yang tidak mudah tembus. Pastikan tidak ada kebocoran cairan tubuh yang dapat mencemari bagian luar kantong jenazah. Pastikan kantong jenazah disegel dan tidak boleh dibuka lagi.

Baca Juga: Wawali Kota Palu Tinjau Ketersedian Oksigen di Tengah Pandemi Covid-19

Menuju tempat pemakaman. Setelah semua prosedur pemulasaran jenazah dilaksanakan dengan baik. Jenazah diantar Oleh mobil jenazah khusus lalu pastikan penguburan tanpa membuka peti jenazah. (ysf)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button