Stafsus Mentan Temui Hadi, Bahas Pengembangan Kawasan Khusus Komoditas

Silaturahmi dengan Wali Kota Hadi, Staf Khusus Kementerian Pertanian Erick Tamalagi membahas pengembangan pertanian untuk pemulihan ekonomi di Kota Palu.

PALU, NEWSURBAN.ID Wali Kota Palu H. Hadianto Rasyid menerima kunjungan silaturahim Staf Khusus Kementerian Pertanian, Erick Tamalagi dan rombongan di ruang kerjanya pada Jumat (6/8/2021) pagi. Hadir mendampingi Wali Kota, Plt. Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palu Hasan Lahinding dan staf.

Pada pertemuan itu, Erick Tamalagi mengatakan pihaknya memberi perhatian khusus terhadap lahan pertanian di Kota Palu. Ia meminta kepada Wali Kota Palu untuk membuat usulan apa saja yang menjadi kebutuhan prioritas untuk pengembangan tanaman komoditas pertanian di Kota Palu.

Menurutnya, pembangunan ekonomi di Kota Palu dapat mensejahterakan masyarakat. Dengan mengembangkan potensi dan mengatasi masalah yang ada. Sehingga akan berdampak pada nilai tambah ekonomi masyarakat dan daerah untuk mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi.

Menurutnya, salah satu penunjang pembangunan ekonomi ke arah positif adalah di sektor pertanian. Di mana, sektor pertanian berperan sangat penting dalam pembangunan ekonomi.

“Hasil dari pertanian dapat meningkatkan pendapatan daerah yang dapat meningkatkan dan mensejahterakan masyarakat,” katanya.

Ia menyarankan kepada Pemkot Palu untuk merancang program untuk meningkatkan efektivitas kegiatan. Juga, efisiensi biaya dan mendorong keberlanjutan kawasan komoditas unggulan yang ada di Kota Palu.

Melalui pengembangan kawasan, ia berharap dapat terwujud pelayanan pembangunan yang lebih bersifat partisipatif dan efisien. Dengan fokus pada upaya pengembangan komoditas unggulan.

“Dalam pembangunan kawasan, mutlak diperlukan suatu perencanaan yang disusun dengan melibatkan masyarakat setempat dan seluruh pemangku kepentingan,” tuturnya.

Apalagi kata dia, Kota Palu telah mengalami dampak bencana yang sangat berpengaruh terutama pada sektor pertanian. Belum lagi pandemi Covid-19 saat ini.

“Tentunya penguatan pundamental sektor pertanian jadi perhatian khusus,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Palu Hadianto Rasyid menyampaikan terimakasih atas kunjungan dan perhatian besar dari Stafsus Kementan RI. Yang ingin bersama-sama pemerintah Kota Palu dalam pengembangan wilayah pertanian khususnya di bidang holtikultura.

“Tentunya, Pemerintah Kota Palu akan segera merespons dengan cepat dan membuat sejumlah usulan dan program dalam rangka pengembangan kawasan potensi potensi pertanian di wilayah Kota Palu,” kata Hadi.

Menurutnya, dalam penetapan kawasan hortikultura, akan memperhatikan aspek sumberdaya hortikultura, potensi unggulan yang ingin dikembangkan, potensi pasar. Kesiapan dan dukungan masyarakat, serta kekhususan wilayah.

“Pengembangan hortikultura berbasis kawasan akan memberikan manfaat yang sangat besar bagi masyarakat kota Palu,” kata Wali Kota.

Selain itu, memungkinkan penangaanannya bisa berbasis komoditas hortikultura secara terpadu sesuai dengan kesamaan karakteristiknya. Serta memberikan peluang bagi semua komoditas potensial di kawasan untuk ditangani secara proporsional.

“Tentunya semua potensi lahan yang ada di semua wilayah Kota Palu agar bisa ditanami. Apakah itu padi maupun jenis tanaman produktif lainnya,” harap Wali Kota Hadi.

Selain itu, ia berharap lahan yang ada di semua wilayah kelurahan dapat dimanfaatkan untuk pertanian. Untuk itu, perlu melakukan masa tanam secepat mungkin dan meningkatkan produktivitasnya. “Jangan sampai lahan tersebut dibiarkan menganggur lama,” ucap Hadi.

Ia juga berharap produksi pertanian Kota Palu ke depan memiliki kualitas standar. “Nantinya kami sangat berharap semua hasil pertanian kualitasnya harus standar. Intinya program apa saja di Kementan kami akan sahuti dengan sejumlah usulan. Salah satunya bantuan untuk irigasi pengairan agar lahan lahan pertanian warga bisa produktif kembali,” beber Hadi. (hms/ysf)

Exit mobile version