Mal Dibuka untuk Uji Coba Prokes, Bali Masih PPKM Level 4

Uji coba implementasi protokol kesehatan (prokes) di pusat perbelanjaan atau mal di Provinsi Bali mulai dilakukan pemerintah. Kebijakan itu mengacu pada Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 39 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4, 3, dan 2 di Jawa dan Bali yang berlaku per tanggal 7-13 September.

JAKARTA, NEWSURBAN.ID — Pemerintah memutuskan Provinsi Bali masih menyandang PPKM Level 4 bersama dua daerah di Jawa yakni Kabupaten Magetan dan Ponorogo.

Daerah kabupaten/kota di Bali yang masuk level 4 dan akan uji coba prokes di mal di antaranya adalah Kabupaten Jembrana, Kabupaten Bangli, Kabupaten Karangasem, Kabupaten Badung, Kabupaten Gianyar, Kabupaten Klungkung, Kabupaten Tabanan, Kabupaten Buleleng, dan Kota Denpasar.

“Dilakukan uji coba implementasi protokol kesehatan pada pusat perbelanjaan/mall/pusat perdagangan dengan ketentuan,” dikutip dari Inmendagri tersebut, Selasa (7/9).

Baca Juga: Tahap 50, Lima Juta Dosis Vaksin Sinovac Tiba di Indonesia

Dalam Inmendagri juga dijelaskan beberapa ketentuan uji coba prokes mal. Pertama, mal boleh beroperasi 50 persen.

“Dari Pukul 10.00 sampai dengan Pukul 21.00 waktu setempat dengan protokol kesehatan yang diatur oleh Kementerian Perdagangan dan Kementerian Kesehatan,” dikutip dari Inmendagri.

Ketentuan kedua, pengunjung wajib untuk menggunakan aplikasi Peduli Lindungi untuk melakukan skrining sebelum masuk mal.

Ketiga, penduduk dengan usia di bawah 12 tahun dan di atas 70 (tujuh puluh) tahun dilarang memasuki pusat perbelanjaan/mall/pusat perdagangan.

Baca Juga: 500 Ribu Dosis Vaksin AstraZeneca Bantuan Australia Diterima Indonesia

Terakhir, bioskop, tempat bermain anak-anak, dan tempat hiburan dalam pusat perbelanjaan/mall/pusat perdagangan ditutup.

PPKM Jawa-dan Bali diperpanjang per 5 sampai 13 September. Jumlah daerah level 4 turun dari 25 kabupaten/kota menjadi 11 kabupaten/kota. Saat ini, hanya provinsi Bali yang masih menyandang level 4.

Sementara itu, daerah yang menyandang status PPKM level 2 meningkat menjadi 43 kabupaten/kota dari yang sebelumnya 27 kota/kabupaten. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button