Trending

Lapas Tangerang Terbakar, 41 Tewas 8 Luka Bakar

Sebanyak 41 orang tewas dalam kebakaran Lapas Kelas I Tangerang, Rabu (8/9) dini hari. Setidaknya 8 orang mengalami luka bakar, dan 71 orang luka ringan.

JAKARTA, NEWSURBAN.ID – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang, Banten, terbakar dan menewaskan setidaknya 41 orang.

“Kebakaran terjadi pada pukul 1.50 di Blok C Lapas Kelas I Tangerang,” kata Kepala Bagian Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Rika Aprianti lewat pesan suaranya, Rabu (8/9).

Korban tewas kebakaran Lapas Kelas 1 Tangerang, Banten, bertambah menjadi 41 orang. Sebanyak 8 orang mengalami luka bakar, dan 71 orang lainnya menderita luka ringan dalam peristiwa tersebut.

“Adapun yang meninggal ada 41 orang, kemudian yang luka (bakar) ada 8 orang, 72 orang luka ringan,” kata Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran di lokasi kejadian, Rabu (8/9).

Fadil mengatakan korban meninggal dan luka bakar dibawa ke Rumah Sakit dr. Sitanala dan RSUD Kabupaten Tangerang. Mereka yang luka-luka langsung mendapat perawatan. Sedangkan korban luka ringan dirawat di Poliklinik Lapas Tangerang.

“Yang luka segera kita lakukan perawatan di luar, Rumah Sakit Sitanala dan RSUD Kabupaten Tangerang, yang meninggal juga demikian,” ujarnya.

Fadil menyebut kebakaran yang melanda Lapas Tangerang ini mulai membesar sekitar pukul 01.45 WIB. Petugas pemadam kebakaran pun langsung datang untuk pemadaman. Menurutnya, api berhasil dipadamkan sekitar pukul 03.00 WIB.

“Kebakaran ini hampir berlangsung selama dua jam lebih, setelah dikendalikan kemudian dievakuasi yang selamat, maka dilakukan olah TKP mulai pagi ini,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Bagian Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Rika Aprianti membenarkan peristiwa kebakaran ini. Ia menyebut terdapat korban meninggal dan luka-luka dalam peristiwa tersebut.

Berdasar keterangan dari Kabid Humas Polda Metro Jaya Yusri Yunus dalam wawancara dengan CNN Indonesia TV pada Rabu (8/9) pagi, Lapas Kelas I Tangerang saat ini dihuni oleh 2.072 orang. Sedang Blok C yang terbakar dihuni oleh 122 orang. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button