Trending

Nurdin Abdullah Resmi Diberhentikan Sementara Menjadi Gubernur Sulsel

Andi Sudirman Sulaiman Menggantikan Posisi Nurdin Abdullah Menjadi Gubernur Sulsel

Nurdin Abdullah diringkus KPK lewat operasi tangkap tangan (OTT) di Makassar pada Jumat (26/02/21) lalu, dengan dugaan menerima suap dari sejumlah kontraktor yang menginginkan proyek infrastruktur.

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Nurdin Abdullah diberhentikan sementara menjadi Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel). Pemberhentian itu dibenarkan oleh Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Akmal Malik.

“Diberhentikan sementara karena masih dalam proses hukum,” katanya kepada wartawan, Selasa (07/09/21).

Kata Akmal, untuk menggantikan posisinya saat ini adalah Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman. “(Dipimpin) Wagub sebagai Plt. gubernur,” tuturnya.

Baca juga: Beredar Kepres Jokowi Berhentikan Sementara NA Jadi Gubernur Sulsel

Nurdin Abdullah diringkus KPK lewat operasi tangkap tangan (OTT) di Makassar pada Jumat (26/02/21) lalu, dengan dugaan menerima suap dari sejumlah kontraktor yang menginginkan proyek infrastruktur.

Dalam sidang dakwaan, jaksa KPK menyebut Nurdin menerima uang haram mencapai Rp13 miliar. Jaksa pun mendakwa Nurdin dengan pasal berlapis.

Nurdin dijerat pasal 11 dan pasal 12 huruf a dan b Undang-Undang RI nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Korupsi juncto pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP juncto pasal 64 ayat (1) KUHP.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengaku telah menerima surat Keputusan Presiden (Kepres) pemberhentian sementara Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah.

Surat Keputusan Presiden RI terkait Nomor 104/P Tahun 2021 Tentang Pemberhentian Sementara Gubernur Sulawesi Selatan Masa Jabatan Tahun 2018-2023.

Surat diteken Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara, Nanik Purwanti pada (12/8/2021) lalu.

“Ia sudah, sudah,” ujar Andi Sudirman Sulaiman usai menghadiri Rapat Paripurna penyampaian nota keuangan pada Rancangan Perda Pemprov Sulsel tentang APBD Perubahan Tahun Anggaran 2021 di Gedung DPRD Sulsel Jl Urip Sumoharjo Makassar, Rabu (8/9/2021). (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button