Trending

Buka Sosialisasi Dua Permendagri, Bupati Bone Harap Peserta Serius

Membuka sosialisasi Permendagri No. 77 Tahun 2020 Tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah dan Permendagri No. 27 Tahun 2021 Tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2022, Bupati Andi Fahsar minta peserta serius mengikuti hingga akhir.

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Bupati Bone HA Fahsar M Padjalangi, didampingi Wakil Bupati Bone H Ambo Dalle, Ketua DPRD Bone Irwandi Burhan, dan sejumlah pipinan OPD Bone membuka acara Sosialisasi Peraturan Menteri Dalam Negeri RI.

Sosialisasi yang selenggarakan Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, digelar di Grand Shayla Ballroom, Novotel Makassar, Sabtu (11/9/2021).

Sosialisasi Permendagri No. 77 Tahun 2020 Tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah dan Permendagri No. 27 Tahun 2021 Tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2022 Turut Dihadiri Direktur Perencanaan Anggaran Daerah Kementerian Dalam Negeri RI Dr. Bahri.

Ketua panitia pelaksana H Najamuddin, mengatakan sosialisasi ini tiada lain untuk meningkatkan pemahaman dan penguasaan dalam penyusunan APBD dan pengelolaan keuangan daerah.

“Jadi ini tujuannya untuk meningkatkan kompetensi aparatur pemerintah daerah Kabupaten Bone sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ujarnya.

Sosialisasi ini dilaksanakan selama dua hari (11-12 September 2021) yang tentunya menerapkan protokol kesehatan dengan menghadirkan narasumber dari Kemendagri dan BKAD Sulawesi Selatan.

“Ada 150 peserta diikutkan dalam sosialisasi ini yang mana 66 SKPD dilingkup Pemerintah Kabupaten Bone terdiri dari kepala SKPD, Kasubag Program SKPD dan operator SIPD,” kata Najamuddin.

Sementara itu Bupati Bone Andi Fahsar mengatakan, peraturan Menteri Dalam Negeri No. 77 tahun 2020 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri no. 27 tahun 2021 mutlak harus diterapkan.

“Sebab pedoman tersebut menjadi koridor pengelolaan keuangan daerah dalam penyusunan APBD tahun 2022 yang harus dipatuhi semua pihak,” jelasnya.

Andi Fahsar mengatakan, dua peraturan itu terkait dengan penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi. Kata dia, hal itu ditekankan Presiden Joko Widodo saat memberi pengarahan kepada seluruh bupati di Hanggar Lanud Hasanuddin mengatakan, kunci utama adalah bagaimana ke depan bisa melandai kan covid-19 tetap menjaga penganggaran dan perbaikan pemulihan ekonomi nasional.

“Jadi Bapak Presiden kita berharap hendaknya daerah menjaga pemulihan ekonomi semakin membaik kemudian COVID-19 semakin melandai,” ungkap Andi Fahsar.

Bupati dua priode ini juga berharap kepada seluruh peserta yang hadir agar mengikuti sosialisasi ini dengan serius apalagi dengan kehadiran pemateri yang berkompeten di bidangnya,” kata Andi Fahsar. (fan)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button