36 Pejabat di Nunukan Ikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrator

Pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM di Nunukan

Dari 36 pejabat yang mengikuti pelatihan, kata Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid, adalah putra putri terbaik di Nunukan, yang dapat melahirkan keteladanan serta inovasi yang brilian untuk memecahkan permasalahn dan hambatan organisasi di lingkungan kerjanya.

NUNUKAN, NEWSURBAN.ID — Bupati Nunukan, Asmin Laura Hafid, membuka acara latihan kepemimpinan administrator angkatan dua di Tahun 2021, dilakukan secara virtual, Selasa (14/09/21). Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh pemeritah Nunukan bekerjasama dengan Pusdiklat KMP LAN Makassar.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Kepala Pusdiklat KMP LAN Makassar Dr. Andi Taufik, Sekda Nunukan Serfianus, Kepala BPSDM Prov. Kaltara Muhammad Ishak. Turut hadir Asisten Administrasi Umum Asmar, Kepala BKPSDM Kaharuddin Tokong dan diikuti oleh para widyaiswara dan peserta latihan secara Virtual.

Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid dalam sambutannya menyampaikan, di era teknologi, informasi dan komunikasi kepemimpinan saat ini yang dibutuhkan sebuah organisasi di pemerintahan. Menurutnya, kepemimpinan yang tidak saja mampu mempengaruhi, melainkan dapat menggerakkan orang-orang yang dipimpin.

“Hal lain yang tidak boleh dilupakan oleh seorang pemimpin adalah keteladanan. Seorang pemimpin harus bisa menjadi contoh bagi para bawahan. Keteladanan ini penting, karenan mudah untuk dipahami namun susah untuk dilaksanakan dengan dapat memberikan keteladanan dan memberikan contoh yang baik, maka hampir separuh citra baik organisasi tersebut sudah dapat dibangun dengan baik di mata masyarakat,” pungkasnya.

Dari 36 pejabat yang mengikuti pelatihan, kata dia, adalah putra putri terbaik di Nunukan, yang dapat melahirkan keteladanan serta inovasi yang brilian untuk memecahkan permasalahn dan hambatan organisasi di lingkungan kerjanya masing-masing, sehingga kedepan akan turut mendorong peningkatan kualitas pelayanan pemerintah kepada masyarakat.

Sementara itu, Kepala Pusdiklat KMP LAN Makassar, Dr. Andi Taufik, menyampaikan kepada seluruh calon peserta pelatihan administrator angkatan ke dua, agar perlu mencapai prestasi yang lebih baik dari angkatan pertama sehingga menjadi peserta yang solid yang luar biasa. Namun dalam menjalankan proses pelatihan ini harus tetap mampu menjalani tahapan dengan baik dengan perasaan bahagia dan tetap menjalankan protokol kesehatan.

“SDM sangat penting dan bapak Presiden sudah mencanangkan masuk di dalam lima prioritas sehingga seluruh kepala daerah saling memahami dan membuat langkah-langkah penting,” ujarnya.

Lebih lanjut, Andi Taufik mengatakan kepada Bupati Nunukan karena benar-benar menunjukan perhatian yang sangat baik terhadap peningkatan kapasitas SDM aparaturnya.

“Di beberapa daerah dalam pemantauan kami kesulitan untuk melaksanakan satu angkatan di daerahnya. Di Nunukan ini bahkan sampai tiga angkatan sedangkan di daerah lain belum saya temukan. Karena yang saya ketahui di daerah lain melalui pola-pola pengiriman saja jadi setiap daerah kabupaten hanya mampu mengirim lima sampai sepuluh ke beberapa lembaga diklat. Tapi Nunukan ini dengan kemampuan komunikasi yang baik dari BPSDM-nya sehingga dapat menyelenggarakan pelatihan ini. Tentu dengan pola seperti ini, biayanya tentu sangat murah di bandingkan kalau harus mengirim dengan biaya kontribusi kurang lebih satu orang sebesar Rp.22.250.000. Dengan cara branded ini luar biasa penghematannya ini kita manfaatkan karena situasi Covid sekarang ini,” katanya. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button