Trending

Dana Operasional Rp 90 Juta Habis, Desa Arolipu Belum Juga Definitif

Anggaran Operasional PMD Luwu Timur Kembali Ditambah

“Alhamdulillah, semua persyaratan dan tahapan sudah dilalui. Dan waktu itu kami anggap bahwa awal tahun 2021 kode desa sudah diterbitkan. Tapi diluar dugaan (kode Desa pun belum diterbitkan sampai sekarang ini),” terang legislator PAN Luwu Timur, Harisah Suharjo saat dikonfirmasi newsurban.id, Sabtu (18/09/21).

LUWU TIMUR, NEWSURBAN.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Timur, telah berkomitmen akan memekarkan desa persiapan Arolipu menjadi definitif. Hal ini dibuktikan setelah diterbitkan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 43 tahun 2017 tanggal 27 November 2017 lalu.

Pembahasan tentang pemekaran desa Arolipu sudah dituangkan dalam Ranperda Program Pembentukan Peraturan Daerah Tahun 2019 dari hasil kesepakatan Pemkab dan DPRD Luwu Timur, hingga mengalokasikan dana APBD perubahan sebanyak Rp 90 juta untuk memuluskan perjalanan menjadikan Desa Arolipu didefinitifkan pada tahun 2021 ini.

Hal itu dibenarkan legislator PAN Luwu Timur, Harisah Suharjo. Ia mengatakan alokasi dana melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) perubahan tahun 2020 dengan jumlah Rp90 juta. Menurutnya, anggaran itu dapat mempercepat proses kepengurusan desa persiapan Arolipu defenitif.

Baca juga: Warga Wotu Ancam Boikot Pilkades Serentak di Luwu Timur

“Kalau anggaran saya kira tidak ada masalah. Karena kami sudah konsultasi dengan Dirjen Bina Desa dalam tahapan yang belum dilalui dan perlu anggaran, sehingga di RAPBD perubahan 2020 kami tambahkan anggaran untuk mempercepat proses pemekaran Desa Arolipu,” tutur Harisah saat dikonfirmasi newsurban.id, Sabtu (18/09/21).

Setiap proses kepengurusan di kementerian, lanjutnya, semua persyaratan dan tahapan dilalui dan dinyatakan desa persiapan Arolipu bisa didefinitifkan dengan keluarnya nomor kode desa pada awal tahun 2021.

“Alhamdulillah, semua persyaratan dan tahapan sudah dilalui. Dan waktu itu kami anggap bahwa awal tahun 2021 kode desa sudah diterbitkan. Tapi diluar dugaan (kode Desa pun belum diterbitkan sampai sekarang ini),” terang Harisah.

Baca juga: Halsen Salahkan DPMD Provinsi Belum Definitifkan Desa Arolipu

“Insha Allah, kami bersama DPMD Luwu Timur akan melakukan langkah-langkah bagaimana mempercepat pemekaran Desa Arolipu,” tambahnya.

Sementara, legislator PDI Perjuangan Luwu Timur, Leonar Bongga menambahkan, desa persiapan Arolipu ini kembali disuntikkan anggaran untuk biaya operasional di PMD Luwu Timur, untuk memudahkan setiap kepengurusan pemekaran Desa Arolipu.

“Kita rencana suntikan dana untuk biaya operasional PMD Luwu Timur, senilai Rp 100 juta. Tinggal menunggu persetujuan dari pimpinan,” katanya.

Baca juga: DPMD Sulsel: Tak Pernah Melihat Halsen Urusi Pemekaran Desa Arolipu

Penambahan anggaran PMD Luwu Timur untuk biaya operasional, Leonar menilai anggaran sebelumnya sudah dipastikan sudah habis di masa kepengurusan sebelumnya. Dengan hal ini, sebagai bentuk keseriusan DPRD Luwu Timur dalam proses pemekaran Arolipu.

“Sudah dipastikan dana sebelumnya tidak cukup. Makanya kami ini menambahkan anggaran itu untuk biaya operasional PMD Luwu Timur. Tidak ada alasan lagi PMD Luwu Timur tidak menyelesaikan masalah ini,” tegasnya. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button