Trending

Andi Fahsar: Perhatikan dan Jaga Kelestarian Budaya Bone

Pelestarian Budaya Menjadi Perhatian Bupati Bone

” Bandung juga sudah membuat. Dan ini menjadi perhatian bagi kita, karena orang Jawa bisa menciptakan lebih bagus dan murah dari kita,” ungkap Bupati Bone, H. Andi Fahsar M Padjalangi.

BONE, NEWSURBAN.ID — Dinas Kebudayaan Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel), menggelar Lomba Kebudayaan dengan hadiah jutaan rupiah yang bertema Educative Culture Museum 2021. Tempat kegiatanya di Museum Saoraja La Pawawoi Bone.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kebudayaan Bone, Ansar Amal, saat mendampingi Bupati Bone, H. Andi Fahsar M Padjalangi, menghadiri sekaligus membuka acara tersebut, Kamis (23/9/2021).

Dalam sambutannya, ia berharap agar siswa dapat berpartisipasi pada acara Educative Culture Museum 2021. Kegiatan akan berlangsung selama selama tiga hari.

Baca juga: Memaknai Slogan Hari Jadi Bone ke-691: Kebudayaan Sebagai Kritik

” Yang menjadi terpenting dalam lomba ini di antaranya lomba Alur Cerita, Lomba Essai dan Lomba Kreatif Budaya,” ungkap Ansar.

” Saya berharap Seluruh siswa mulai dari SD sampai SMA se-Kabupaten Bone, dapat mengikuti acara ini,” harapannya.

Sementara itu, Bupati Bone, Andi Fashar M Padjalangi, mengatakan kebudayaan yang kini masuk warisan Indonesia adalah Songkok Recca.

” Beberapa daerah, kini telah memproduksi massal Songkok Recca. Baik itu di pasarkan beberapa daerah,” papar Bupati dua periode ini.

Sulawesi sendiri, menurutnya ada Kabupaten Takalar yang juga memproduksi Songkok to Bone. Dengan bahan serat lontar yang sama dan mampu di buat sebagaimana model dan bentuknya yang ada di Bone.

Baca juga: Pemkab Bone Tampilkan Produk Lokal di Ajang Yogya Explore Wisata Indonesia 2021

” Bandung juga sudah membuat. Dan ini menjadi perhatian bagi kita, karena orang Jawa bisa menciptakan lebih bagus dan murah dari kita,” ungkapnya.

Ia pun berharap agar seluruh kalangan dapat memperhatikan dan menjaga kelestarian budaya Bone.

” Utamanya generasi muda kita, harus selalu di beri pengetahuan mengenai budaya Bone,” tegas Bupati Bone Andi Fahsar. (fan/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button