Trending

Telkom Akan Ganti Rugi Pelanggan IndiHome

Imbas Gangguan Layanan Internet

Telkom Group, mengklaim akan memberikan ganti kerugian kepada konsumen IndiHome imbas layanan internet yang terganggu sejak Minggu (19/9/2021).

JAKARTA, NEWSURBAN.ID — Vice President Marketing Management Telkom Edie Kurniawan mengatakan imbas layanan internet yang terganggu sejak Minggu (19/9/2021) Telkom Grup akan memberikan ganti rugi kepada konsumen IndiHome.

Menurut Edie ketentuan kompensasi mengacu pada kontrak pihak Indihome dengan pelanggan.

Edie menjelaskan kompensasi itu berbentuk pengunduran masa pembayaran dari tiap pelanggan, sampai 25 September 2021. Selain itu ada juga pemutihan denda keterlambatan pembayaran layanan internet.

Baca Juga: Jaringan Telkomsel Bermasalah, GraPari Bone: Sementara Perbaikan

Edie mengatakan, untuk mengetahui kompensasi yang diberikan, pelanggan dapat datang langsung ke pusat pelayanan Telkom terdekat. “Untuk ketentuan kompensasi mengacu pada kontrak berlangganan dan dapat datang di Plasa Telkom terdekat,” ujarnya.

Warganet sebelumnya, banyak yang mengeluhkan koneksi internet IndiHome yang masih bermasalah di hari kelima usai kabel putus Jawa-Sumatera-Kalimantan (Jasuka). Mereka pun menuntut kompensasi dari Telkom.

Pihak Telkom belum mengungkap apa penyebab putusnya kabel laut bawah laut itu.

Namun ia menjelaskan bahwa perbaikan instalasi kabel bawah laut Jasuka dinilai tak ada kaitannya dengan pemulihan layanan internet. Sebab, Telkom memiliki jalur jaringan cadangan (back up link) baik di Batam, maupun di Manado.

Sehingga, kata dia dengan routing network (pengalihan rute jaringan) dapat kembali normal.

Menurut Edie dengan adanya pemulihan layanan internet, pihaknya sudah melakukan pengalihan frekuensi dan prioritas layanan untukpengguna melakukan pembelajaran dari rumah (LFH) dan bekerja dari rumah (WFH).

“Pemulihan tanggal 20 [September] pagi sudah dilakukan dengan pengalihan routing dan prioritas layanan untuk LFH dan WFH khususnya agar pelanggan yang sedang Mid Test tetap lancar,” pungkasnya.

Sejumlah pengguna layanan Telkomsel dan Telkom, sebelumnya mengaku tak dapat mengakses layanan internet. Jaringan internet dilaporkan putus sejak Minggu (19/9) sore. Gangguan tersebut disebabkan oleh kerusakan atau putusnya kabel laut Jasuka.

Sementara Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono, mengatakan proses perbaikan perbaikan kabel bawah laut Jasuka akan memakan waktu selama satu bulan.

Menurutnya, waktu sebulan ini diperlukan untuk proses penyambungan kabel laut yang perlu didahului berbagai persiapan.

Perisapan itu kata dia antara lain penyiapan cableship (kapal kabel laut) yang akan dioperasikan menuju titik gangguan. Kapal ini akan melakukan penyambungan, penyiapan peralatan, dan kelengkapan yang diperlukan pengajuan perizinan untuk pengerjaan perbaikan kabel laut yang merupakan sumber gangguan. (ci/up)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button