Partai Pengusung Mulai Pasang Kuda-Kuda Berebut Kursi Wabup Luwu Timur

Delapan Partai Pengusung Husler-Budiman Pilkada 2020

Perebutan kursi panas wakil Bupati (Wabup) Luwu Timur ini masih kosong sejak Budiman dilantik sebagai Bupati pada awal April 2021 lalu. Menggantikan posisi Thoriq Husler yang meninggal dunia sebelum pelantikan.

LUWU TIMUR, NEWSURBAN.ID — Sejumlah partai pengusung terlihat sudah mulai pasang kuda-kuda untuk mendampingi Bupati Budiman Luwu Timur di masa periodenya.

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Luwu Timur 2020 lalu. Pasangan Thorig Husler–Budiman di usung 8 partai politik (parpol) yakni Golkar (7 kursi), Gerindra (4 kursi), PAN (4 kursi), PDIP (3 kursi) Hanura (3 kursi), PKB, PBB dan PKS masing-masing 1 kursi.

Perebutan kursi panas wakil Bupati (Wabup) Luwu Timur ini masih kosong sejak Budiman dilantik sebagai Bupati pada awal April 2021 lalu. Menggantikan posisi Thoriq Husler yang meninggal dunia sebelum pelantikan.

Partai Hanura salah satu partai pengusung Hulser-Budiman, sudah menyiapkan kadernya untuk mendampingi Budiman menjadi wakil Bupati Luwu Timur. Ini di ketahui setelah melakukan rapat pleno internal partai besutan Wiranto itu.

Baca juga: Budiman Bupati Lutim? Partai Pengusung Mulai Berebut Jadi Wabup

Bahkan, surat rekomendasi DPC Partai Hanura, pun di keluarkan pada Rabu, 15 September 2021. Wakil Ketua Bidang Komunikasi Politik dan Media DPC Hanura Luwu Timur, Alpian Alwi mengatakan partai Hanura mengusung Rully Heryawan menjadi calon wakil Bupati.

Partai mengusulkan Rully Heryawan, lanjut dia, salah satu bentuk pertimbangan partai. Alpian mengaku, cukup optimis kader Hanura bisa menduduki kursi wakil bupati untuk mendampingi Bupati Budiman.

” Selain kami optimis bahwa kader (Hanura) bisa duduki kursi Wakil Bupati. Kami juga cukup intens melakukan komunikasi politik pemilik suara,” ujarnya, Jumat (24/09/21).

Ditanya, partai apa saja sudah dilakukan komunikasi politik dan berkoalisi partai. Alpian pun belum menjelaskan lebih rinci.

” Intinya, kami dari partai Hanura sudah menjalankan komunikasi ke semua partai politik. Tapi, kami belum bisa menyebutkan partai apa yang akan berkoalisi,” katanya.

Baca juga: Usman Sadik Mulai Tak Konsisten Atas Pemilihan Calon Wakil Bupati Luwu Timur

Selain Hanura. Partai Amanat Nasional (PAN) Luwu Timur, juga secara resmi mengusung kadernya yakni Usman Sadik sebagai calon wakil bupati Luwu Timur.

Hal itu tertuang dalam surat rekomendasi Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Sulawesi Selatan Nomor: PAN21/A/K-S/034/VII/2021 yang di tandatangani ketua dan Sekretaris DPW PAN Sulsel, Ashabul Kahfi dan Jamaluddin Jafar. 

“ Bersama ini Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional Sulawesi Selatan, memberi rekomendasi kepada saudaraku: H. Usman Sadik (Ketua DPD PAN kabupaten Luwu Timur) untuk di calonkan sebagai calon wakil bupati kabupaten Luwu Timur periode 2021- 2026 dari partai Amanat Nasional,” bunyi surat Rekomendasi DPW PAN Sulsel, pertanggal 3 Juli 2021 lalu.

Golkar Masih Fokus Musda

Sementara, Sekretaris DPD I Golkar Sulsel, Marsuki Wadeng mengaku belum fokus pada pemberian rekomendasi kader Golkar Luwu Timur untuk menjadi wakil Bupati saat ini.

“Kami belum fokus ke sana. Sementara ini hanya fokus musda Golkar Luwu Timur, yang sempat tertunda kemarin,” ujarnya juga sebagai plt Ketua Golkar Luwu Timur.

Marsuki mengatakan, proses pengusulan nama wakil bupati Luwu Timur, dipastikan akan mendorong kadernya terbaik untuk mendampingi Bupati Budiman di masa periodenya.

“Sudah pastinya kami akan mendorong kader golkar Luwu Timur. Namun saat ini, kami selesaikan urusan musda dulu dalam dekat ini. Baru terfokus terkait pemilihan wakil bupati,” terangnya.

Sebelumya, DPRD Luwu Timur sudah membentuk panitia khusus (Pansus) pemilihan wakil bupati Luwu Timur, diketuai legislator partai Golkar, Najamuddin.

Pengisian kekosongan jabatan Wakil Bupati, di atur dalam pasal 176 Undang-undang Nomor 10 tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah (UU Pilkada). (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button