Trending

Dinas PPKB Gowa Dorong Program Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan

Gandeng Dinkes dan TP PKK

Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kabupaten Gowa terus melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan layanan kepesertaan Keluarga Berencana (KB).

GOWA, NEWSURBAN.ID — Kepala Dinas PPKB Kabupaten Gowa, Sofyan Daud mengatakan untuk pengendalian penduduk, pihaknya menggandeng sejumlah pihak untuk berkolaborasi, seperti Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa dan Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Gowa.

Hal itu disampaikan Sofyan Daud saat ditemui pasca menghadiri Undangan Pelayanan KB dan Kesehatan Reproduksi yang dirangkaikan dengan pelaksanaan pencanangan Rumah Sakit Unggulan Pelayanan KB dan Gerakan Rumah Sakit Layanan Keluarga Berencana, secara virtual di Peace Room A’Kio, Kantor Bupati Gowa, Senin (27/9).

Baca Juga: Priska Adnan Ajak Seluruh Kader Sukseskan Kebut Vaksin TP PKK Gowa

Sofyan Daud mengatakan bahwa keterlibatan seluruh pihak khususnya PKK dan Dinas Kesehatan sangat dibutuhkan untuk meningkatkan layanan kepesertaan KB. Karena menurutnya pihaknya tidak bisa jalan sendiri tanpa bantuan pihak lain.

“Oleh karena itu, kita mengajak kepada bidan untuk tetap melayani dan tentunya kita juga mengajak agar seluruh kader PKK kita di lapangan untuk tidak berhenti mengedukasi bagi mereka yang sudah bersyarat untuk menjadi peserta KB, kemudian bagaimana mempertahankan peserta KB yang sudah ada dengan pelayanan ulangan itu yang kita laksanakan di Kabupaten Gowa,” ujarnya.

Sofyan menyebutkan salah kegiatan yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini untuk meningkatkan kepesertaan KB khususnya menggunakan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) di Kabupaten Gowa adalah Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan.

“Jadi Insya Allah bulan depan Oktober, November dan Desember ada kegiatan yang namanya Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan. Di kegiatan itu menekankan bagaimana percepatan peningkatan cakupan capaian kita terutama untuk pelayanan KB baru dan KB aktif yang ingin beralih cara ke dari yang tadinya non MKJP menjadi peserta KB MKJP,” jelasnya.

Kepesertaan KB aktif di Kabupaten Gowa kata Sofyan sudah cukup bagus. Saat ini cakupan kepesertaan KB aktif Kabupaten Gowa berada di angka 67,27 persen. Cakupan ini tergolong bagus dan sudah melebihi dari target Renstra yaitu 64 persen.

“Tetapi ini masih kita mau mendorong untuk peningkatan kualitas, karena masih didominasi peserta KB non MKJP yaitu suntik dan pil ini kita mau dorong untuk masuk KB MKJP, seperti implan, ayudi, medis operasi pria, medis operasi wanita. Saat ini kepersetaan MKJP kita baru sekitar 20 persen,” ungkapnya.

Olehnya itu, Momentum Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan dirinya berharap kepesertaan KB khususnya MKJP lebih meningkatkan. Dan dirinya mengajak seluruh masyarakat yang sudah bersyarat untuk ikut kepersetaan KB terutama MKJP. Dirinya menargetkan dari seluruh peserta KB, 30 persen sudah menggunakan MKJP.

“Tujuan kita ini kan bagaimana keluarga di Kabupaten Gowa ini lebih sejahtera. Salah satu indikator untuk lebih mempercepat tercapainya keluarga sejahtera itu adalah dengan ikut program KB karena misi kita ada norma keluarga kecil bahagia dan sejahtera,” ungkapnya.

Sementara untuk target kepersetaan KB, Sofyan menyebutkan saat ini pihaknya masih menyusun jumlah yang akan dicapai pada kegiatan ini. Namum dirinya berharap di momentum Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan ini tingkat kepesertaan KB semakin meningkat.

“Jadi kita sementara menyusun target, sisa berapa yang akan kita capai melalui kegiatan ini. Karena kami berharap agar sisa target ini sampai dengan bulan September ini, itulah yang akan kita jadi data target dasar untuk pencapaian di tiga bulan terakhir ini,” tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, dr Hasanuddin, dan juga Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Gowa, dr Gaffar. (jn/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button