Trending

Naikkan World Class University Unhas, Tantangan Pengganti Prof Dwia

Harapan Guru Besar FKM Prof Darmawan

Membawa Unhas masuk world class university di bawah 100 adalah tantangan berat pengganti Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu sebagai rektor.

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Prof Darmawansyah mengatakan, tantangan bagi pengganti Prof Dwia adalah menaikkan world class university Unhas. Tak hanya itu.

Harapan pelanjut Prof Dwia itu tak hanya dari civitas akademik, Unhas. Alumni pun berharap demikian.

Apalagi Prof Dwia selama dua periode mempimpin Unhas, berhasil mengoleksi berbagai prestasi. Prestasi itu, menjadi tantangan bagi penggantinya untuk mengukir prestasi yang lebih baik lagi.

Menurut Prof Darmawan, dari delapan calon yang sudah melewati tahap pertama, kemampuan mereka tak diragukan lagi. Misalnya, prestasi akademis, kemampuan para calon merata. Begitu juga kompetensi dan jaringan luas yang bisa menjadi modal membangun Unhas lebih baik lagi.

Baca Juga: Kemampuan Akademik Sama, Balon Rektor Unhas Bertarung Jaringan

“Semua calon ini memiliki kompetensi dan jaringan. Jaringan (lokal, regional, internasional) itu salah satu modal untuk membangun Unhas,” kata Prof Darmawan, Rabu (29/9/2021).

Meski demikian, Ketua Dewan Pengawas (Dewas) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Latemmamala Kabupaten Soppeng itu mengharapkan dari delapan bakal calon terpilih yang terbaik. Sehingga mampu meraih torehan prestasi yang lebih baik dari rektor pendahulunya.

“Kita harapkan rektor terpilih mampu menaikkan world class university. Dari sisi kemampuan dan jaringan, saya melihat mereka (bakal calon rektor Unhas) sangat mumpuni,” jelas Prof Darmawan.

Baca Juga: Komjen Pol Purn Syafruddin Jamin Pilrek Unhas Tak Ada Intervensi Pihak Luar

Dia menyebutkan capaian Prof Dwia selama memimpin Unhas antara lain masuk kampus 1000 sampai 1200 World University. “Sebagai keluarga besar Unhas saya mengharapkan pengganti (Prof Dwia) bisa mencapai prestasi yang lebih. Bisa membawa Unhas di bawah angka 1000 terbaik dunia,” ujar Prof Darmawan.

Suksesi pemilihan rektor Unhas sudah melewati satu tahapan. Kini para bakal calon akan memasuki tahapan berikutnya, pemeriksaan kesehatan dan psikotes pada 1-25 Oktober 2021.

Ini Delapan Guru Besar Calon Rektor Unhas Periode 2022-2026:
1. Prof. Dr. Armin Arsyad, M.Si (Dekan FISIP Unhas)
2. Prof. dr. Budu, Sp.M(K), M.Med.Ed., Ph.D (Dekan Fakultas Kedokteran Unhas)
3. Prof. dr. Abdul Kadir, Ph.D. Sp.THT-KL(K) MARS. (Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI, Guru Besar Fakultas Kedokteran Unhas).
4. Prof. Dr. Farida Patittingi, SH, M.Hum (Dekan Fakultas Hukum Unhas).
5. Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc (Dekan Sekolah Pascasarjana Unhas).
6. Prof. Dr. Indrianty Sudirman, SE, M.Si (Sekretaris Majelis Wali Amanah, Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unhas).
7. Prof. Dr. Ir. Muhammad Restu, MP (Wakil Rektor Bidang Akademik, Guru Besar Fakultas Kehutanan Unhas).
8. Prof. Ir. Sumbangan Baja, M.Phil, Ph.D (Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Keuangan, dan Infrastruktur, Guru Besar Fakultas Pertanian Unhas).

(ar/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button