Trending

BPBD Sulsel Turunkan TRC Bantu Korban Banjir dan Longsor Luwu

Bawa Bantuan Logistik dan Evakuasi Korban

BPBD Sulsel menurunkan tim reaksi cepat ke Luwu untuk melakukan evakuasi. Mereka juga membawa bantuan logistik untuk warga korban banjir dan longsor.

LUWU, NEWSURBAN.ID — Hujan dengan intensitas tinggi di Kabupaten Luwu mengakibatkan beberapa wilayah mengalami banjir bandang dan longsor, Minggu, 3 Oktober 2021.

Dari data Pusdalops BPBD Kabupaten Luwu, bencana longsor terjadi di Desa Ilan Batu, Kecamatan Walenrang Barat.

Sementara bencana banjir bandang terjadi di beberapa wilayah di Luwu, seperti di Kecamatan Walenrang Utara, Kecamatan Lamasi Timur, dan Kecamatan Walenrang Timur. BPBD memperkirakan banjir dengan tinggi air 1-3 meter itu membuat lebih dari 100-an rumah yang terdampak banjir.

Baca Juga: Update Banjir Bandang di Luwu: 2 Rumah Hanyut, 20 Orang Jalani Perawatan di Puskesmas

Kepala BPBD Provinsi Sulsel, Muhammad Firda menyampaikan, bahwa atas instruksi langsung dari Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman untuk menurunkan tim reaksi cepat (TRC) ke Luwu.

“Tadi malam, kami menurunkan tim TRC BPBD Provinsi untuk membantu proses evakuasi sekaligus membawakan bantuan logistik,” kata Firda, Senin (4/10/2021).

Adapun bantuan yang dibawa berupa logistik pangan, family kit, shelter kit dan perlengkapan bayi.

Terpisah, Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan rasa prihatin atas musibah yang terjadi di Kabupaten Luwu. Ia pun berharap banjir segera surut.

“Kami turut berduka atas musibah banjir bandang dan longsor di Kabupaten Luwu. Kami juga memastikan agar tim TRC BPBD Provinsi untuk membantu proses evakuasi dan stok logistik bantuan aman untuk para korban yang terdampak yang sedang mengungsi,” ungkapnya.

KABAR SEBELUMNYA

Sebelumnya diberitakan hujan deras yang mengguyur Kabupaten Luwu pada Minggu sore (3/10/2021) menyebabkan banjir dan longsor. Air bercampur lumpur menerjang beberapa rumah penduduk.

Bahkan beradar kabar ada rumah yang tertimbun tanah longsor dan terbawa arus air lumpur.

Dalam video yang beredar, air bercampur lumpur meluap hingga setinggi jembatan. Luapan air lumpur di sungai dari sungai menerjang sejumlah rumah.

Baca Juga: Hujan Deras di Luwu: Air Setinggi 2 M, Rumah Tertimbun Tanah Longsor dan Hanyut

(*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button