Trending

DPRD Makassar Mesakh Siap Kawal Perda TSLP untuk Kepentingan Rakyat

Perda TSLP Sebagai Pedoman Pemberian Bantuan Kepada Masyarakat

“Kami sebagai anggota dewan akan terus mengawal Perda TSLP. Kemudian akan menjadi patron atau pedoman dalam rangka membangun kesejahteraan masyarakat,” ujar Anggota DPRD Kota Makassar, Mesakh Rantepadang.

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Anggota DPRD Kota Makassar, Mesakh Rantepadang menggelar sosialisasi peraturan daerah (perda) nomor 2 Tahun 2016 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TSLP), di Hotel Grand Maleo, Rabu (06/10/21).

Kata dia, setiap perusahaan memiliki dana CSR yang merupakan tanggung jawab Sosial terhadap lingkungan tempat beraktivitas. Sehingga, dirinya siap mengawal TSLP sesuai arahan Perda ini.

“Kami sebagai anggota dewan akan terus mengawal Perda TSLP. Kemudian akan menjadi patron atau pedoman dalam rangka membangun kesejahteraan masyarakat,” ujar Mesakh sapaan akrabnya.

Sehingga, kata ketua Fraksi PDIP di DPRD Kota Makassar ini, terus menyosialisasikan produk hukum daerah kepada seluruh masyarakat Kota Makassar. Termasuk Perda TSLP.

Baca juga: Sosper, Legislator Mesakh Beberkan Hak Bantuan Hukum Warga Miskin

Ia tidak ingin ada masyarakat yang tidak tahu Perda TSLP. Sebab, akan menjadi pedoman jika nantinya membutuhkan dana bantuan untuk program sosial di lingkungannya.

Program yang di maksud seperti, dana hibah yang di berikan perusahaan kepada masyarakat. Subsidi pembiayaan untuk proyek pengembangan masyarakat dan bantuan sosial dalam bentuk barang atau uang.

Pelayanan sosial berupa kesehatan, pendidikan, olahraga, dan santunan pekerja sosial. Serta perlindungan sosial berupa pemberian kesempatan bagi para atlet nasional atau daerah yang sudah purna bakti.

“Jadi kita berharap semua perusahaan bisa memahami apa-apa kewajiban terhadap lingkungannya,” ujarnya.

Terpisah, Narasumber Kegiatan Rusmayani Madjid menyampaikan, menyampaikan, urusan sosial dan ekonomi bukan hanya tanggung jawab pemerintah sebab memiliki keterbatasan anggaran.

Baca juga: Sosialisasi Perda, Irmawati Sila: Difabel Punya Hak Sama dengan Orang Normal

Sehingga, untuk mendukung hal tersebut di butuhkan CSR dari setiap perusahaan. Itu, akan menjadi salah satu kontribusi perusahaan ke pemerintah.

“Makanya kita bentuk forum CSR. Di harapkan, tidak mengambil profit perusahaan tapi juga menyalurkan keuntungan ke masyarakat,” jelas Maya sapaan akrabnya.

Olehnya itu, kata Plt Kadis Sosial Kota Makassar ini, mengajak masyarakat melaporkan atau mengusulkan kebutuhan terkait kepentingan orang banyak. Usulan tersebut, melalui pemerintah bisa disampaikan ke perusahaan.

“Bisa di sampaikan ke pemerintah melalui dewan TSLP. Ini yang akan kita sampaikan kebutuhan agar di bantu dengan CSR yang ada di perusahaan,” tukasnya. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button