Trending

Fokus Penguatan Pemberdayaan Masyarakat, Indira Jusuf Ismail Sharing Bersama Ketua TP-PKK Badung

Study Comparative di Kabupaten Badung Bali

Pemberdayaan masyarakat, Indira Jusuf Ismail melakukan study comparative di Kabupaten Badung dan sharing bersama Tim Penggerak PKK setempat.

BADUNG, NEWSURBAN.ID — Ketua Tim Penggerak PKK Kota Makassar, Indira Yusuf Ismail, melakukan study comparative ke Kabupaten Badung, Bali. Ketua TP PKK Kab Badung, Ni Kadek Seniasih Giri Prasta menerima lagsung Indira Jusuf, di Gedung Balai Budaya Giri Nata Mandala, Rabu (06/10/2021).

Apa tujuan Study comparative tersebut?

Ketua TP PKK Kota Makassar, Indira Jusuf Ismail, menjelaskan, study ini adalah upaya memperkaya solusi unntuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya di masa pandemi.

Dalam study tersebut, lanjut Indira PKK Makassar dan PKK Badung saling sharing mengenai pemberdayaan masyarakat, melalui penguatan kelompok.

Lebih lanjut Indira Jusuf, menyampaikan tujuan study comparative ini, untuk saling berbagi ilmu. Itu, demi mengoptimalkan pendampingan UMKM.

Oleh karena itu, dia berharap, hasil sharing antara PKK Makassar dan PKK Badung dapat teraplikasi di daerah masing-masing. Sehingga pemberayaan masyarakat menjadi lebih kuat.

“UMKM menjadi penopang perekonomian keluarga jika terbina dengan baik. Apalagi ditengah pandemi Covid19, mengharuskan kita lebih inovatif” ujar istri Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto itu.

Sebagai informasi, Badung menjadi salah satu kabupaten yang sangat merasakan dampak Pandemi. Bahkan, Badung mengharuskan berbagai UMKM bermanuver agar dapat bertahan.

Lalu apa strategi sehingga mereka tetap bertahan?

Ketua TP PKK Kab Badung, Seniasih Giri Prasta bahkan mendatangkan berbagai platform online.

Ia menjelaskan, mereka melakukan strategi itu, untuk memberikan pelatihan bagi masyarakat. Tujuannya, agar tetap dapat bergerak mempromosikan hasil karya di tengah pandemi.

“Terima kasih ibu, telah datang bersama rombongan. Semoga dapat membantu promosikan kabupaten Badung,” lanjutnya.

TP PKK Kab Badung juga mendukung penuh pemerintah menyukseskan vaksinasi. “Kami ingin segera pulih. Sehingga kami, menyukseskan gerakan vaksinasi,” ujarnya.

Tak hanya itu, TP PKK Kab Badung, juga melakukan pendampingan bagi 31 ribu UMKM. Mereka memberikan kemudahan dalam pengurusan sertifikat halal, secara gratis. Hal itu, demi memudahkan dalam pemasaran.

Informasi Relevan

Sebelumnya, ekonomi di masa pandemi mengalami hambatan perputaran yang cukup membuat semua pihak terpontang panting. Untuk bertahan hidup masyarakat melakukan berbagai cara.

Tak terkecuali bagi para pelaku usaha seperti UMKM yang senantiasa mencari peluang.

Melihat gejolak tersebut, Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi memberikan motivasinya bagi para pelaku UMKM.

Penyampaian motivasi saat Fatma hadir dalam kegiatan lomba UMKM lorong yang di adakan di Kelurahan Mallimongan Kecamatan Wajo, Kamis (30/9/2021).

“Hari ini saya melihat perjuangan pelaku UMKM. Tonjolkan kemampuannya dari segi pemasaran maupun hasil produknya. Ini membuktikan jika warga Makassar begitu tangguh menghadapi pandemi covid-19,” ujar Wawali Fatma.

Lomba UMKM lorong ini, dapat menjadi motivasi, untuk mengikuti perkembangan teknologi. Sehingga dapat meningkatkan pendapatan penjualan produknya.

“Sekarang ini zamannya digitalisasi. Pemasaran di lakukan menggunakan media sosial,” katanya.

Kata dia, kemasan yang apik, pengambilan gambar yang tepat, kalimat penjualan yang mudah akan menjadi magnet untuk memikat konsumen.

“Sudah saatnya kita semua melek teknologi,” ujarnya.

(ar/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button