Trending

Pembicara ASUF, Danny Berbagi Pengalaman Smart City Digital Payment

Pemkot Makassar Susun Digital Payment Secara Bertahap

Pembicara ASUF, Danny Pomanto berbagi pengalaman Smart City Digital Payment kepada peserta Asean Sustainable Urbanisation Forum.

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) mendapat kehormatan sebagai pembicara ASUF (Asean Sustainable Urbanisation Forum). Danny mennjadi pembicara melalui virtual, di kediaman pribadinya, Jalan Amirullah, Rabu (6/10/2021).

Dalam forum ini Walikota Makassar dua periode itu, memaparkan mengenai pertumbuhan yang inklusif. Juga solusi pembayaran digital untuk meningkatkan finansial inclusion di negara negara Asean.

Baca Juga: Sidak Kantor Bapenda, Danny Minta Fokus Optimalkan Pendapatan

“Dalam forum ini, peserta meminta kita menjadi kota yang bisa men-share pengalamannya. Soal Smart City, terkhusus persiapan menghadapi digital payment,” kata Danny.

Menurutnya, saat ini kota Makassar telah melaksanakan Makassar Smart Card. Yakni, cashless payment, yaitu bagian kecil dari digital payment.

Baca Juga: Fokus Penguatan Pemberdayaan Masyarakat, Indira Jusuf Ismail Sharing Bersama Ketua TP-PKK Badung

“Artinya, pembayaran tidak pakai uang, tapi kalau digital payment, full semua kegiatan tidak ada kelihatan uangnya. Tetapi, transaksinya secara digital,” ujarnya.

Lebih lanjut, Danny menjelaskan, bahwa saat ini Pemerintah Kota Makassar tengah menyusun digital payment lewat QR Code. Digital payment tersebut menjadi platform pribadi yang kemudian secara bertingkat, menjadi platform untuk satu kota.

Baca Juga: Wawali Fatma Harap Vaksinasi Industri Jasa Keuangan Bentuk Herd Immunity di Tengah Masyarakat

“Intinya adalah QR Code, kita memulai membuat QR Code untuk solusi saat penanganan pandemi Covid 19 seperti kemarin. Baru setelah itu secara 10 tahap langkah untuk memungsikan QR Code sebagai digital Payment. Misalnya, penyerahan bansos, asuransi, BPJS, pajak parkir, komersial serta di sektor riil ekonomi perbelanjaan. Setelah itu, QR Code semua data masyarakat akan terkoneksi dengan digital payment,” pungkasnya

Menarik Untuk Anda:

(ar/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button