Trending

Delapan Calon Rektor Tes Kesehatan di RS Unhas

Prof Syafri: Agar Paham Kebutuhan Rumah Sakit Ini

Delapan bakal calon yang berebut kursi kosong satu Unhas 2022-2026 kompak menjalani pemeriksaan kesehatan di RS Unhas. Pihak RS Unhas mengatakan pemeriksaan kesehatan di RS ini sekaligus para calon rektor dapat memantau perkembangan dan kebutuhan RS.

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Delapan bakal calon rektor yang akan berkompetisi dalam Pilrek Unhas kompak melakukan pemeriksaan kesehatan di RS Unhas, Sabtu (9/10/2021).

Panitia Pemilihan Rektor (P2R) Unhas sengaja melaksanakan pemeriksaan kesehatan di RS tersebut. Tujuannya, agar siapa pun dari delapan calon yang terpilih memahami kondisi rumah sakit milik kampus ja merah tersebut.

Direktur RS Unhas mengatakan, pemilihan RS Unhas sebagai tempat pemeriksaan bakal calon rektor adalah hal yang membanggakan. “Bagi RS Unhas ini adalah hal yang membanggakan,” katanya melalui keterangan resmi Humas Unhas.

Apalagi lanjut dia, mereka yang menjalani pemeriksaan kesehatan adalah calon pemimpin Unhas mendatang. Dan, bakal calon Rektor ini, pada dasarnya merupakan pimpinan Unhas saat ini.

“Saya sangat senang karena ini adalah pimpinan Unhas. Jadi sambil memeriksa kesehatan, juga bisa meninjau langsung kondisi aktual RS Unhas. Sehingga, siapa pun nanti yang terpilih sebagai Rektor Unhas sudah mengetahui apa saja pengembangan yang dibutuhkan oleh RS Unhas,” kata Prof Syafri.

Tes Kesehatan Kecajiban Bakal Calon

Sementara itu, Ketua P2R Unhas, Prof Dr Syamsul Bachri, SH, MH, menjelaskan, sesuai ketentuan dalam Peraturan Majelis Wali Amanat tentang Pemilihan Rektor Unhas 2022-2026, pemeriksaan kesehatan ini merupakan salah satu kewajiban.

“Tantangan kepemimpinan mendatang tidak sedikit. Perlu pemimpin yang siap fisik dan mental. Itulah sebabnya kita akan melakukan pemeriksaan kesehatan fisik dan penunjangnya hari ini. Selanjutnya dengan asesmen psikologi pada Senin mendatang,” kata Prof Syamsul.

Sebelum memulai pemeriksaan, Koordinator Tim Pemeriksaan Kesehatan Bakal Calon Rektor RS Unhas, Dr Habibah Muhiddin memaparkan tahapannya.

Ia mengatakan, terdapat tiga jenis pemeriksaan, yaitu: Tes PCR, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang lain.

“Syarat pertama adalah hasil tes PCR negatif. Kemarin sudah ada hasilnya, jadi hari ini kita akan mulai dari seluruh bakal calon Rektor akan ganti baju. Kemudian pengambilan sampel darah. Lalu, makan pagi berupa snack. Setelah itu, menuju ruang pemeriksaan dengan pendamping yang telah kami siapkan, hingga selesai pemeriksaan,” tutur Dr Habibah.

Hadir pada pemeriksaan kesehatan ini, Ketua P2R Unhas (Prof Dr Syamsul Bachri SH MH), Koordinator Pemeriksaan Kesehatan P2R (Prof Dr drg Baharuddin Thalib Sp.Pros(K) M.Kes). Direktur RS Unhas (Prof DR Dr Syafri Kamsul Arif Sp.An.KlC-KAKV), Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan RS Unhas (Dr dr Habibah Setyawati Muhiddin, Sp.M(K) yang juga Koordinator Tim Pemeriksaan Kesehatan RSP Unhas.

Setelah pemeriksaan kesehatan, masih ada beberapa tahapan sebelum memasuki pemilihan pada 27 Januari 2022. Pelantikan Rektor Unhas terpilih pengganti Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu sesuai jadwal pada 28 April 2022.

Delapan Bakal Calon Rektor Unhas:
1.Dekan FISIP Prof Armin
2.Dekan Fakultas Kedokteran Prof Budu
3.Dirjen Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI Prof dr Abdul Kadir
4.Dekan Fakultas Hukum Prof Farida Patittingi
5.Dekan Sekolah Pascasarjana Universitas Hasanuddim Prof Jamaluddin Jompa
6.Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Prof Indrianty Sudirman
7.Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Restu
8.Wakil Rektor Bidang Keuangan, Perencanaan, dan Infrastruktur Prof Sumbangan Baja

(ar/up)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button