Trending

Italia Rebut Peringkat Ketiga UEFA Nations League

Kalahkan Belgia 2-1

Italia berhasil menduduki peringkat ketiga UEFA Nations League setelah memenangkan laga melawan timnas Belgia di Stadion Allianz, Minggu (10/10). Hasil akhir pertandingan bertahan dengan skor 2-1.

JAKARTA, NEWSURBAN.ID — Italia yang kalah dari Spanyol di semifinal coba mencari hadiah hiburan dengan tampil agresif melawan Belgia di perebutan tempat ketuga. Meski demikian, Italia harus puas dengan skor imbang tanpa gol di babak pertama.

Kebuntuan Italia akhirnya pecah di awal babak kedua, tepatnya di menit ke-47. Berawal dari skema sepak pojok, Nicolo Barella melepaskan tembakan voli dari bola liar hasil buangan pemain Belgia.

Setelah kebobolan, Belgia coba meningkatkan tekanan pada Italia. Tetapi Gli Azzurri juga memilih untuk terus bermain terbuka dan tidak berpikir untuk bertahan.

Belgia sendiri memutuskan menurunkan Kevin De Bruyne dan Charles De Ketelaere pada menit ke-59.

Usaha Italia untuk terus bermain menyerang membuahkan hasil di menit ke-62. Italia mendapat penalti lantaran Timothy Castagne dinyatakan melanggar Federico Chiesa di kotak terlarang.

Domenico Berardi maju sebagai eksekutor penalti dan berhasil mengirim bola masuk ke gawang Belgia. Meski tembakan Berardi bisa dibaca Courtois, tetapi laju bola yang cepat membuatnya tetap tak terhalang masuk ke gawang.

Pada menit ke-69, Belgia punya peluang emas untuk memperkecil kedudukan. Umpan dari Michy Bathsuayi berhasil ditendang oleh Toby Alderweireld. Tetapi tembakan itu bisa dibendung oleh Gianluigi Donnarumma.

Strategi Roberto Mancini

Setelah unggul, Roberto Mancini memilih memasukkan Jorginho dan Bryan Cristante menyusul Moise Kean yang sudah lebih dulu masuk lapangan.

Di menit ke-82, Yannick Carrasco punya peluang melepaskan tembakan namun bola hanya menerpa tiang gawang.

Usaha Belgia membobol gawang Italia akhirnya membuahkan hasil di menit ke-86. Berawal dari skema serangan balik, Courtois melempar bola ke Kevin De Bruyne yang berada di tengah lapangan.

De Bruyne lalu memberi umpan terobosan pada Charles De Ketelaere. Tembakan De Ketelaere membuat bola melewati celah kaki Donnarumma dan masuk ke dalam gawang.

Meski coba kembali menekan di sisa waktu, Belgia tak lagi bisa mencetak gol. Laga berakhir dengan skor 2-1 untuk Italia.

Susunan Pemain

Italia (4-3-3)
Gianluigi Donnarumma; Giovanni Di Lorenzo, Francesco Acerbi, Alessandro Bastoni, Emerson; Nicolo Barella (Bryan Cristante 70), Manuel Locatelli, Lorenzo Pellegrini (Jorginho 70); Domenico Berardi (Lorenzo Insigne 90), Giacomo Raspadori (Moise Kean 66), Federico Chiesa (Federico Bernardeschi 90)

Belgia (3-4-3)
Thibaut Courtois; Toby Alderweireld, Jason Denayer, Jan Vertonghen; Timothy Castagne, Axel Witsel, Youri Tielemans (Kevin De Bruyne 59), Yannick Carrasco (Leandro Trossard 88); Alexis Saelemaekers (Charles De Ketelaere 59), Michy Batshuayi, Hans Vanaken

Gelandang Mungil Inter Milan Dua Kali Sakiti Belgia

Kemenangan Italia atas Belgia berkat gelandang mungil Inter Milan, Nicolo Barella. Gol Barella menambah kemengan Italia menjadi 2-0 setelah sebelumnya, pada menit ke-11 Domenico Berardi melalui tendangan penalti.

Gol Barella pada menit ke 47 sukses menyakiti timnas Belgia dua kali dan berhasil membawa timnas Italia menjadi peringkat ketiga UEFA Nations League 2021.

Sebelumnya, gelandang mungil Inter Milan itu juga sukses menjebol gawang Belgia pada babak perempat final EURO 2020.

Laga kali ini, pertandingan berjalan cukup seimbang. Belgia sedikit lebih dominan dalam penguasaan bola sebesar 57 persen.

Namun, Gli Azzurri mampu menciptakan lebih banyak peluang melalui 12 tembakan dengan lima di antaranya mengarah tepat ke gawang Belgia.

Sementara Belgia hanya mampu melepaskan 13 tembakan dengan empat di antaranya menuju ke gawang Italia.

Sementra, gol balasan Belgia tercipta dari kaki Charles De Ketelaere yang berhadapan satu lawan satu dengan Donnarumma. De Ketelaere melakukan nutmeg untuk menjebol gawang Italia. Skor 2-1 bertahan hingga akhir pertandingan. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button