Trending

Tim ACT Bawa Bantuan Pangan Korban Untuk Banjir dan Longsor di Luwu

Tembus Daerah Terisolir, Buka Posko Donasi Kemanusiaan

Tim ACT (Aksi Cepat Tanggap) Sulsel menyalurkan bantuan pangan sumbangan sahabat dermawan kepada korban banjir dan longsor di Luwu. ACT masih membuka posko bagi yang ingin bernodasi.

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Tim ACT Sulawesi Selatan membawa bantuan pangan dan perlengkapan harian untuk korban banjir dan longsor di pengungsian Desa Pelalan, Kecamatan Lamasi Timur, Kabupaten Luwu, Minggu (10/10/2021).

Tim Program ACT Sulsel Suharni menjelaskan, bantuan dikirim ke wilayah tersebut setelah tim melakukan asesmen.

“Ada beras, air minum, dan biskuit. Kami Tim ACT berharap bantuan juga bertambah seiring kepedulian Sahabat Dermawan,” kata Suharni.

Ia menerangkan, untuk masyarakat yang ingin ambil bagian membantu saudara yang tertimpa bencana di Luwu dapat mengirimkan bantuannya langsung ke Posko Kemanusiaan ACT Sulsel atau melalui website https://indonesiadermawan.id/BanjirLuwu.

Sebelumnya, pada Minggu (3/10/2021) banjir bandang dan tanah longsor menerjang sejumlah kecamatan di Kabupaten Luwu.

Sebelum bantuan ini, Tim Emergency Response ACT, Masyarakat Relawan Indonesia, dalam tim SAR Gabungan berhasil menembus sejumlah desa. Sejumlah desa di Kecamatan Walenrang Utara, terisolir. Tim mengevakuasi warga yang terjebak.

Hingga kini aliran listrik di Desa Sangtandung, Kecamatan Walenrang Utara, masih terputus pasca Banjir dan Longsor yang menerjang Kabupaten Luwu pada Minggu (3/10).

Tiang listrik yang dulunya menjadi penerang untuk Desa Sangtandung kini tumbang diterjang longsor sejak peristiwa tersebut. Begitupun akses jalan menuju ke desa masih tertutupi lumpur akibat longsor.

Sebanyak 4 KK mengungsi karena khawatir banjir susulan menerjang rumah mereka yang berada di pinggiran sungai.

Sementara itu, 48 KK atau 37 rumah yang tersebar di Dusun Pakabbi dan Dusun Padang Durian ikut terendam lumpur.

BANTUAN SEBELUMNYA

Sebelumnya, tim ACT MRI Sulsel melakukan assestmen di Luwu untuk menyalurkan amanah sahabat dermawan, secara tepat sasaran.

Koordinator Relawan ACT MRI Sulsel Takdir mengatakan, timnya masih berupaya menjangkau pelosok Luwu yang terdampak banjir dan longsor untuk menyalurkan bantuan.

“Alhamdulillah, kepedulian saudara sebangsa untuk banjir luwu terus berdatangan. Hampir setiap hari orang datang membawa bantuan ke posko kemanusiaan kami,” ungkapnya.

Selain itu, ada juga yang mengirimkan uang melalui transfer. “InsyaaAllah amanah ini akan kita teruskan secara tepat sasaran kepada warga terdampak khususnya di pelosok Luwu yang belum tersentuh bantuan karena tantangannya akses menuju wilayah tersebut masih tertutupi lumpur yang tebal akibat longsor,” ungkapnya lagi. (ar/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button