Trending

Pemulihan Pariwisata, Danny Perkuat Sejarah dan Budaya

Sharing Session Danny Pomanto Bersama Bupati Badung

Pemulihan pariwisata di Kota Makassar Danny Pomanto menegaskan akan memperkuat wisata sejarah dan budaya. Dua subsektor ini, dapat memacu pariwisata kembali bergairah.

BALI, NEWSURBAN.ID — Walikota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Selasa (12/10/21). Kunjungan kerja ini dalam rangka sharing session atau diskusi terkait pemulihan pariwisata dan ekonomi di tengah pandemi covid 19 bersama Bupati Badung.

Dalam diskusinya, Danny mengatakan pariwisata menjadi salah satu sektor ekonomi paling terdampak pandemi corona sejak mulai merebak Maret 2020 hingga saat ini.

Anjloknya jumlah wisatawan berdampak pada produk hasil budaya dan tingkat konsumsi di semua daerah yang memiliki lokasi wisata pun terjun bebas

Termasuk Kota Makassar, karenanya, dalam diskusi ini Danny banyak belajar dan mendapatkan inspirasi dari Bupati Badung.

“Visi misi saya tentang restinasi kami ingin mengembangkan pariwisata di kota makassar. Tentunya budaya tempat belajar terbaik yakni di badung. Kami mendapatkan inspirasi dan inovasi dari pak Bupati,” ucapnya.

Selain pemulihan pariwisata, Danny juga banyak berdiskusi tentang pondasi-pondasi pertahanan pariwisata, cluster wisata dan pengembangan wisata.

“Makanya saya datang kesini belajar karena merujuk pada sejarah dan budaya di Badung ini sangat kental. Itu juga kami akan terapkan di Kota Makassar. Kami harus mempertahankan sejarah dan memperkenalkan budaya kepada generasi kedepan,” harap Danny.

Saat ini Di kota Makassar sudah level 2 status pandemi covid. Namun, kata Danny, pihaknya terus berhati-hati dan tetap mengontrol kegiatan masyarakat.

Ia pun mengimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. Adapun langkah ada langkah yang dilakukan dalam konteks pembangkitan pariwisata yakni tetap mengedukasi masyarakat agar tetap menjaga confidencenya dengan clean, health, safety, and environment sustainability.

Delapan Program Unggulan

Beberapa waktu lalu, Danny Pomanto juga memaparkan programnya di sektor pariwisata kepada Menparekraf Sandiaga Uno. Kala itu, Danny memaparkan terkait perkembangan potensial pariwisata di Kota Makassar.

Ada 8 program unggulannya, antara lain agenda mice bulanan, destinasi kepariwisataan, skill kompetensi pariwisata, destinasi unggulan kepulauan supermonde, pengembangan pulau Lakkang, kampung budaya Paropo, 5000 lorong wisata dan yang terpenting penyelenggaraan kembali F8.

“Kita masih pantau penyebaran covid 19 di Klta Makassar. Saya presentasekan dihadapan Pak menteri sandi dan beliau bilang F8 harus terselenggara kembali,” kata Danny kepada Sandiaga di Center Point of Indonesia (CPI), 17 Juni 2021.

Kedatangannya diiringi tari tradisional dan penyambutan oleh Walikota Makassar bersama Wakil Walikota Makassar, Fatmawati Rusdi.

Mendapat dukungan penuh, Danny rencananya akan menganggarkan kembali anggaran untuk pelaksanaan F8 tahun ini.

“Tadi sebelum naik ke mobil pak menteri bilang F8 sangat bagus. Harus terlaksana. Kita tetap menganggarkan pelaksanaan ini. Meskipun dulu pemerintah full yang mengerjakan dan tahun ini kalau pandemi berakhir maka swasta yang turun tangan dan pemerintah ikut membantu,” tuturnya.

Sementara Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno merasakan ada semangat baru, ada harapan baru dari Kota Makassar. (hm/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button