Trending

Terima Anugerah Parahita Ekapraya, Bupati Adnan: Dari Madya Menuju Utama

Bupati Adnan Purichta Ichsan mengapresiasi kinerja seluruh pihak atas keberhasilan Pemkab Gowa meraih APE 2021 tingkat Madya dari Kementerian PPPA.

GOWA, NEWSURBAN.ID — Pemerintah Kabupaten Gowa berhasil menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 Kategori Madya. Penghargaan tersebut dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia.

Penganugerahan APE tersebut untuk pemerintah daerah atau lembaga lainnya. Penerima harus memiliki komitmen besar dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi pengarusutamaan gender atau PUG. Sehingga pihak-pihak yang berhasil dalam mencapai dan menunjukkan komitmennya dalam pencapaian kesetaraan gender ini mendapat apresiasi.

Menanggapi hal ini, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan pihaknya mengapresiasi kinerja seluruh pihak yang ada atas pencapaian APE tersebut dan berhasil meraih Tingkat Madya.

“Alhamdulillah ini berkat kerjasama seluruh pihak sehingga kita bisa meraih penghargaan APE ini pada tingkat Madya. Kita berharap kedepan bisa meningkat lagi pada kategori utama bahkan mentor,” ungkapnya usai mengikuti Acara Pemberian Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya 2020 melalui virtual, di Peace Room A’Kio Kantor Bupati Gowa, Rabu, (13/10).

Selain itu ia mengaku, penghargaan ini menjadi momentum untuk berbenah dalam pencapaian-pencapaian untuk menaikkan level Gowa. Menurutnya pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender sudah sesuai perencanaan yang ada.

“Bagi kami pemberdayan perempuan di Kabupaten Gowa sudah sesuai dengan perencanaan yang ada. Karena kita menganggap tidak ada perbedaan antara perempuan dan laki-laki. Selama dia mampu dan cakap maka kita tidak melihat jenis kelaminnya. Jadi semoga capaian ini mampu kita pertahankan bahkan kita tingkatkan lagi,” jelas Adnan.

TUJUH INDIKATOR PENILAIAN

Di tempat yang sama Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak Kabupaten Gowa, Kawaidah Alham mengatakan ada tujuh indikator atau poin penilaian sehingga Gowa berhasil meraih penghargaan ini. Tuju Indikator itu, yakni kebijakan, anggaran, partisipasi, komitmen kelembagaan, Sumber Daya Manusia, alat analisis gender dan data gender.

“Jadi tujuh poin ini kita lakukan penginputan ke dalam aplikasi lalu ada perengkingan oleh tim penilai dari Kementeria PPPA. Dan, Alhamdulillah Gowa bisa meraih Kategori Madya meskipun baru pertama kali mendapatkan penghargaan ini,” jelasnya.

Sementara Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga mengungkapkan penghargaan ini setiap dua tahun sekali. Penghargaan kepada lembaga/kementerian, pemerintah provinsi, dan kabupaten/kota atas perannya dalam pengarusutamaan gender.

Dalam penerimaan APE 2020 ini, Kabupaten Gowa berhasil menerima kategori tingkat madya atau pengembangan. Di mana dalam kategori penerima APE ini terdapat empat kategori. Yakni, tingkat pratama (pemula), tingkat madya (pengembangan), tingkat utama (peletakan dasar dan keberlanjutan) dan tingkat mentor.

“Ini sebagai bentuk apresiasi kepada daerah atas usaha-usaha dan implememtasinya dalam pengarusutamaan gender. Terdapat 13 kementerian lembaga, 29 provinsi, dan 266 kabupaten dan kota yang meraih penghargaan ini,” jelasnya. (nh/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button