Trending

Lima Atlet Satu Perunggu, Pesilat Sulsel Tetap Membanggakan

PON XX Papua

Lima atlet Sulawesi Selatan yang berlaga di PON XX Papua hanya menghasilkan satu perunggu. Bagi kontingen Sulsel prestasi itu tetap membanggakan.

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Meski hanya meraih medali perunggu di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021, pesilat Sulawesi Selatan tetap membanggakan. Lima atlet yang berlaga di Cabor ini telah menunjukkan performa terbaiknya. Sayang, mereka hanya membawa pulang satu medali (perunggu).

Adalah Ria Hasyriani Hasyim yang sukses mempersembahkan medali perunggu di ajang olahraga nasional terakbar ini. Ria yang juga mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Makassar itu turun di kelas D puteri 60-65 kilogram berhasil menjadi yang terbaik ketiga di kelas ini.

Baca Juga: Atlet Muaythai Sulsel Rebut Dua Medali PON XX Papua

Selain Ria, pesilat Sulsel lainnya yang memberi harapan di PON adalah Hamry. Sayangnya Hamry dicurangi pesilat tuan rumah saat berlaga di GOR Toware Papua. Itu karena pesilat Papua menendang bagian bawah perut (kemaluan) Hamry.

Protes official IPSI Sulsel pun tidak mendapat respon tim juri. Bahkan karena menderita kesakitan, tim harus membawa Hamry ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Yowari di Jayapura.

Ketua Ikatan Pencat Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Sulsel, Prof Hasnawai Haris mengapresiasi perjuangan pesilat Sulsel di ajang PON Papua. Menurut dia, meski hanya pulang dengan satu medali perunggu, pesilat-pesilat Sulsel tetap membanggakan.

Baca Juga: Andi Sudirman Hadiri Langsung PON XX Papua, Semangati Atlet Sulsel

“Salut dan apresiasi setinggi-tingginya terhadap atlet dan pelatih yang telah berjuang dengan maksimal di PON Papua. Medali perunggu yang dipersembahkan Ria sudah menjadi kesyukuran,” kata Hasnawi.

Bahan Evaluasi

Wakil rektor bidang akademik Universitas Negeri Makassar itu mengaku akan tetap melakukan evaluasi setelah penyelenggaraan PON usai. Ke depan, kata dia, atlet pencak silat Sulsel akan mengikuti banyak event olahraga nasional.

Hasnawi menambahkan selain membanggakan, medali perunggu di PON Papua juga menjadi tanda kebangkitan pencak silat Sulsel. Apalagi pada PON di Bandung Jawa Barat lima tahun lalu, Sulsel pulang tanpa satu medali pun.

Menarik Untuk Anda: Plt Gubernur Nyatakan Keseriusan Sulsel Tuan Rumah PON 2028

(mk/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button