Trending

SKPD Pemkab Gowa Diminta Daftarkan Pegawai Non ASN di BPJS Ketenagakerjaan

Pegawai non ASN di SKPD Pemkab Gowa akan menerima manfaat tambahan. Pj Sekda Gowa Kamsina meminta kepada seluruh SKPD mendaftarkan pegawai non ASN di BPJS Ketenagakerjaan.

GOWA, NEWSURBAN.ID — Pj Sekda Gowa Kamsina minta kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) agar mendaftarkan pegawai Non ASN di BPJS Ketenagakerjaan. Tujuannya, untuk menjadikan para pegawainya bagian dalam peserta penerima jaminan sosial.

“Kami tadi dengarkan hanya ada beberapa SKPD yang memiliki kerjasama Non ASN dengan BPJS Ketenagakerjaan. Mudah-mudahan kedepan menjadi perhatian untuk seluruh SKPD yang memiliki pegawai Non ASN agar bisa bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan,” jelasnya Kamsina.

Kamsina menyampaikan hal tersebut, saat membuka Rapat Kerjasama Operasional BPJS Ketenagakerjaan Cabang Gowa. Rapat bersama Pemerintah Kabupaten Gowa itu berlangsung di Baruga Karaeng Galesong Kantor Bupati Gowa, Kamis (14/10).

Selain itu, Kamsina juga mengapresiasi Rapat Kerjasama Operasional yang dilaksanakan oleh BPJS Ketenagakerjaan Cabang Gowa.

Menurutnya dalam menjalankan program butuh kerjasama dan dukungan satu sama lain. Misalnya, antara BPJS Ketenagakerjaan dan Pemerintah Kabupaten Gowa.

“Untuk itulah Pemkab Gowa menyambut baik rapat bersama ini. Sehingga, program ini bisa berjalan dengan baik utamanya di Kabupaten Gowa,” katanya.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Gowa Sungguminasa, Salmiah Syurya menyebutkan, saat ini masih SKPD yang belum mendaftarkan pegawai Non ASN-nya.

“Khusus di Lingkup Pemkab Gowa jumlah Non ASN yang sudah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan sebanyak 6.144. Mereka ini merupakan pegawai honor atau non ASN di beberapa SKPD Lingkup Pemkab Gowa,” ujarnya.

Salmiah juga meyebutkan, saat ini sudah ada sekitar 18.000 tenaga kerja di Kabupaten Gowa yang sudah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan. Termasuk tenaga kerja perusahaan.

Manfaat Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Di tempat yang sama, Kabid Kepesertaan Korporasi-Institusi Kantor BPJS Ketenagakerjaan Makassar Adisafah Curmacosasih mengungkapkan sejumlah manfaat peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Pertama, peserta BPJS Ketenagakerjaan akan memperoleh jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua, jaminan pensiun dan jaminan kehilangan pekerjaan.

“Contohnya, jaminan kematian itu Rp42 juta apapun penyebabnya. Kecelakaan kerja terjadi risiko seluruh biaya di tanggung selama perawatan. Dan, kami mengganti penghasilan selama tidak bisa bekerja,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini, juga BPJS Ketenagakerjaan menyerahkan santunan jaminan kematian kepada ahli waris Almarhum Baso Dg Nanring. Penerima merupakan pegawai Non ASN Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gowa. (jn/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button