MetroNewsNusantaraSulteng

Buka Workshop Palu Geopark City, Ini Harapan Wali Kota Hadi

Membuka workshop “Palu Geopark City yang diadakan IAP Sulawesi Tengah, Wali Kota Hadi berharap lahir ide cemerlang yang dapat memperkaya desain kota Palu ke depan pasca diterjang gempa bumi, tsunami, dan likuifaksi 2018 silam.

PALU, NEWSURBAN.ID Wali Kota Palu, H. Hadianto Rasyid secara resmi membuka pelaksanaan Workshop bertajuk “Palu Geopark City” yang diselenggarakan oleh Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) Provinsi Sulawesi Tengah pada Jumat, 15 Oktober.

Dalam kesempatan ini, Wali Kota membuka workshop secara virtual dari ruang Command Center Kota Palu yang difasilitasi oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Palu.

Wali Kota mengatakan pihaknya menyambut baik adanya workshop tersebut karena itu menjadi perhatian yang sangat besar dalam upaya menciptakan Palu yang betul-betul bisa menjadi kota yang sesuai dengan karakter dan kondisi alamnya.

Menurutnya, Palu merupakan kota indah yang sering disebut sebagai kota lima dimensi yakni ada gunung, bukit, sungai, laut, dan, udara.

“Saya tambah satu lagi menjadi enam dimensi yakni ada kultur budaya. Kalau kita berbicara tentang Geopark berarti kita tidak bisa menafikan keberadaan budaya itu sendiri,” katanya.

Ia mengatakan, Pemerintah Kota Palu, saat ini sangat konsen dengan pengurangan risiko kebencanaan. Oleh karena itu, ia menunggu hasil dari workshop tersebut agar bisa menambah pemahaman terkait bagaimana pembangunan Kota Palu ke depan.

“Kita tidak boleh lambat lagi. Kebencanaan dan situasi kealaman Palu bukan hari ini menjadi topik diskusi, namun sejak tahun 1970an yang lalu,” ujarnya.

Ia menyadari bahwa mewujudkan “Palu Geopark City” ini butuh proses waktu bahkan tidak cukup dengan satu kali seminar. Karena itu, ia mengajak para peserta untuk satu ide dan gagasan yang bisa diterapkan secepatnya.

“Karena saya yakin, yang paling utama dari semua hal adalah bagaimana kemudian kita melangkah untuk mengawali langkah kita. Semoga workshop ini bisa berjalan dengan baik dan bisa melahirkan gagasan yang betul-betul InsyaAllah bisa diserap secepatnya oleh Pemerintah Kota Palu agar yang kita inginkan benar-benar tercapai,” imbuhnya. (ysf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button