Trending

Adnan Sebut APKASI Otonomi Expo 2021 Wadah Promosikan Potensi Daerah

Ditutup Menteri BUMN Erick Thohir

“APKASI Otonomi Expo 2021 adalah wadah promosi potensi daerah. Inilah fungsinya APKASI Otonomi Expo, semua kabupaten seluruh Indonesia bisa menampilkan potensi-potensi yang ada di daerahnya masing-masing. Sehingga mampu mengangkat kembali perekonomian kita yang anjlok karena pandemi Covid-19.” Adnan Purichta Ichsan, Sekjen APKASI/Bupati Gowa.

JAKARTA, NEWSURBAN.IDBupati Gowa sekaligus Sekretaris Jenderal APKASI, Adnan Purichta Ichsan mengaku, APKASI Otonomi Expo 2021 menjadi momentum daerah berpromosi. Di event itu, kabupaten mempromosikan seluruh potensi-potensi yang ada di daerah. Khususnya dalam meningkatkan perekonomian di tengah pandemi Covid-19.

“Inilah fungsinya APKASI Otonomi Expo. Semua kabupaten seluruh Indonesia bisa menampilkan potensi-potensi yang ada di daerahnya masing-masing. Sehingga mampu mengangkat kembali perekonomian kita yang anjlok karena pandemi Covid-19,” katanya, Jumat (22/10).

Menteri BUMN, Erick Tohir, menutup secara resmi APKASI Otonomi Expo 2021 di Hall A Jakarta Convention Centre (JCC) Senayan, Jakarta.

Adnan pun berharap, pelaksanaan APKASI Otonomi Expo ini akan membangkitkan kembali perekonomian Indonesia. Salah satunya di wilayah Kabupaten Gowa dengan memamerkan potensi daerah baik wisata maupun potensi lainnya yang mampu  membuat ekonomi kembali meningkat.

Sementara itu, Menteri BUMN, Erick Tohir mengatakan dampak pandemi ini menghantam seluruh sendi-sendi kehidupan. Tidak hanya berdampak pada kesehatan tapi juga ekonomi. Ia meminta pemerintah daerah turut membantu membangkitkan ekonomi rakyat, termasuk UMKM.

“Kita harus mengintervensi keadaan kita sebagai pemerintah pusat, pemerintah daerah atau siapa pun yang memangku kebijakan. Karena suka tidak suka, UMKM, ekonomi rakyat ini yang harus kita bangkitkan. Kita sebagai pimpinan tidak boleh terbelenggu tetapi kita harus memastikan dan mendorong itu,” katanya.

Lakukan Transformasi

Erick menyebut salah satu cara menggerakkan ekonomi adalah dengan melakukan transformasi. Karena akibat pandemi ini, ada yang hilang dan tumbuh akibat terjadi disrupsi.

“Begitu juga di BUMN 90 persen terdampak tapi yang kita lakukan adalah transformasi, efesiensi. Karena ini terjadi disrupsi yang mengakibatkan pekerjaan hari ini banyak yang hilang tapi juga banyak yang tumbuh,” jelasnya.

Hadir pada penutupan, Ketua Umum APKASI yang juga Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan bersama jajaran Dewan Pengurus APKASI. APKASI juga menyerahkan penghargaan Anugerah Jurnalistik APKASI 2021 dan Putri Otonomi Daerah 2021.

Penutupan secara virtual dan live streaming ini diharapkan menjadi wadah agar potensi perdagangan daerah. “Ini menjadi peluang yang sangat baik bagi kami terkhusus UMKM daerah harus mendapat bantuan perusahaan besar yang beroperasi,” pungkas Sutan Riska. (nh/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button