Trending

Hari Santri Nasional: Santri Bantu Pemerintah Tingkatkan Capaian Vaksinasi

Harapan Pj Sekda Gowa Kamsina

Hari Santri Nasional, para santri di Kabupaten Gowa sesuai harapan pemerintah ikut berperan aktif dalam menyukseskan program vaksinasi.

GOWA, NEWSURBAN.ID — Dalam rangka mempercepat cakupan vaksinasi, pemerintah berharap seluruh terlibat penuh. Salah satunya pada peran santri di sejumlah daerah.

Peringatan Hari Santri Nasional ini, santri mampu berkontribusi dalam membantu pemerintah menangani pandemi Covid-19. Terkhusus dalam menyukseskan program vaksinasi.

Baca Juga: Pemkab Gowa Optimalkan Peluang Ekspor Komoditas Pertanian

“Kita berharap ke depan seluruh santri ini makin siaga. Khususnya di masa pandemi Covid-19 dengan ikut berpartisipasi dan ikut andil dalam melakukan vaksinasi. Terlebih sebelum sekolah tatap muka akan kita laksanakan. Kita harapkan seluruh santri melakukan vaksin,” kata Pj Sekda Gowa, Kamsina. Kamsina, menghadiri Upacara Hari Santri Nasional di Pesantren Sultan Hasanuddin, Kecamatan Bajeng, Jumat (22/10).

Tak hanya itu, peringatan Hari Santri Nasional tahun ini mengangkat tema Santri Siaga Jiwa Raga sebagai bentuk pernyataan sikap santri Indonesia. Agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela tanah air, mempertahankan persatuan Indonesia, dan mewujudkan perdamaian dunia.

Baca Juga: Pemkab Gowa-USAID Akan Kerjasama Turunkan Angka Kematian Ibu dan Bayi

Ia berharap momentum Hari Santri Nasional 2021 ini, sesuai tema “Siap Siaga Jiwa Raga”, para santri yang ada di Kabupaten Gowa mampu siap siaga. Khususnya di tengah pandemi Covid-19 ini, yang dua tahun belakangan melanda Indonesia secara keseluruhan.

“Siaga Jiwa Raga juga merupakan komitmen seumur hidup santri yang terbentuk dari tradisi pesantren. Tidak hanya mengajarkan akhlak dan ilmu tapi juga mensucikan jiwa dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

Pelaksana Bergiliran

Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Gowa, Hj Adliah mengatakan peringatan Hari Santri Nasional 2021 ini berpusat di Pesantren Sultan Hasanuddin. Hadir pada upara tersebut, seluruh pimpinan pondok pesantren yang ada di Gowa.

Baca Juga: Pemkab Gowa Kenalkan Produk BUMDes di APKASI Otonomi Expo 2021

Ia mengaku setiap tahunya pelaksanaan Hari Santri juga di pesantren yang berbeda. Seperti tahun sebelumnya di Pesantren Darul Ulum, dan Pesantren Muslim Madani.

“Peringatan hari santri ini, secara bergilir di pesantren-pesantren yang ada di Gowa setiap tahunnya. Sehingga tahun ini di Pesantren Sultan Hasanuddin dengan melibatkan semua pimpinan pondok pesantren yang ada di Gowa,” katanya.

Baca Juga: Bupati Adnan: APKASI Otonomi Expo 2021, Upaya Bangkitkan Perekonomian di Tengah Pandemi Covid-19

Selain itu, ia menyampaikan, pihaknya menggelar beberapa rangkaian kegiatan Hari Santri 2021 ini yakni perlombaan futsal dan zikir. GP Ansor Gowa memfasilitasi futsal.  Dan, zikir bersama serentak di pondok-pondok pesantren.

“Kami berharap dengan peringatan ini para santri lebih bersemangat dan meningkatkan akhlaqul karimahnya untuk bersantri dalam ponpes,” harapnya.

Pada peringatan ini, Pj Sekda Gowa turut meresmikan Masjid Nurul Mujahidin yang berada dalam kawasan Pesantren Sultan Hasanuddin. (nh/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button