Trending

12 Tahun Jualan Kue, Ibu Muliati Bermimpi Punya Kios

Kios sendiri adalah impian seorang pedagang kue yang sudah 12 tahun menjajakan kue dengan berkeliling kampung di Gowa.

GOWA, NEWSURBAN.IDMembantu suami mencari nafkah untuk keluarga, berdagang menjadi pekerjaan tambahan selain menjadi ibu rumah tangga di rumahnya.

Ibu Muliati Daeng Minne, ibu dari keempat anak ini setiap harinya berjualan kue dan nasi kuning keliling di komplek rumahnya di Jl. Hamzah Dg Tompo. Balang-balang, Kel. Borongloe, Kec. Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan.

Penghasilannya dari hasil berjualan Ia jadikan sebagai modal tambahan dan biaya pendidikan anak-anaknya. Pekerjaan itu Ia lakoni sudah berusia 12 tahun, sejak tahun 2010.

Baca Juga: ACT-MUI Ajak Masyarakat Perangi Kelaparan dengan Operasi Pangan Murah

Setiap harinya, anak-anaknya membantunya untuk mempersiapkan jualannya. Dari jam 2 subuh, ia sudah beranjak dari tidur lelapnya. Untuk membuat kue yang akan ia jual.

“Setiap harinya ini yang saya lakukan dengan bangun cepat supaya tidak telat untuk berjualan. Kalau sudah sholat subuh saya sudah berkeliling untuk berjualan dari komplek-komplek rumah hingga di pasar terdekat dari rumah di Gowa”, jelas ibu Muliati kepada Tim Aksi Cepat Tanggap, Kamis (21/10/2021).

Sebelum pandemi keuntungannya Ia tabung untuk biaya hidup keluarga. Namun, dampak dari pandemi dagangannya kadang tidak laku.

“Rasanya sangat sedih biasanya saya menabung Rp100 ribu per hari, kini hanya Rp50 ribu saja. Selama pandemi ini, dagangan saya kadang tidak habis. Belum lagi kebutuhan keluarga di rumah semakin mahal harganya,” tambahnya.

Baca Juga: Influencer Makassar Gerebek Kampung Kumuh Bagikan Pangan Gratis

Ia berharap, jika memiliki modal usaha Ibu Muliati dan keluarga akan membuka kios atau toko kue sendiri. Menjual makanan produksi sendiri. Tidak keliling berjulan mengingat usianya yang semakin tua.

Harapan ini, terus menjadi doa hingga saat ini. Mendapatkan modal usaha tambahan untuk usahanya akan Ia jadikan sebagai penopang ekonomi keluarga kelak.

Untuk itu, Aksi Cepat Tanggap menghadirkan program bantu UMKM Indonesia. Aksi Cepat Tanggap juga mengajak para dermawan yang ingin berpartisipasi dalam gerakan kebaikan ini.

Dermawan dapat menyalurkan donasi terbaiknya melalui https://makassar.indonesiadermawan.id/UsahaKakiLima atau melalui rekening MUAMALAT # 8010 1071 82 dengan konfirmasi transfer via WA ke 0821 9224 1414 atau mengunjungi halaman instagram @act_sulsel. (cr/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button