Trending

Kemah Moderasi di Gowa Perkuat Persatuan dan Kerukunan Umat Beragama

Membangun Moderasi Beragama di Masyarakat

“Kegiatan seperti ini di harapkan sebagai sarana untuk membangun moderasi beragama di masyarakat. Agar menjaga kebebasan dalam menjalankan kehidupan beragama, menghargai keragaman dan perbedaan pandangan khusus di kalangan pemuda,” kata Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Kamsina.

GOWA, NEWSURBAN.ID — Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Kamsina bertindak sebagai Inspektur Upacara Pembukaan Kemah Moderasi Tahun 2021 yang berlangsung di Aula Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Kabupaten Gowa di Kecamatan Parangloe, Selasa (26/10).

Kamsina menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan yang di laksanakan Kementerian Agama Kabupaten Gowa ini. Menurutnya, kegiatan ini tentu dapat memperkuat persatuan dan kebersamaan antar umat beragama khususnya di wilayah Kabupaten Gowa.

“Kegiatan seperti ini di harapkan sebagai sarana untuk membangun moderasi beragama di masyarakat. Agar menjaga kebebasan dalam menjalankan kehidupan beragama, menghargai keragaman dan perbedaan pandangan khusus di kalangan pemuda,” katanya.

Baca juga: Bupati Adnan Dukung Pengadilan Agama Sungguminasa Menuju WBBM

Apalagi menurutnya, saat ini dengan perkembangan teknologi dan kemajemukan masyarakat kadang terjadi gesekan sosial akibat perbedaan cara pandang keagamaan. Sehingga ini mengganggu suasana rukun dan damai di tengah-tengah masyarakat.

Lanjut Kamsina, saat ini juga marak penyebaran paham-paham ekstrimisme di dunia nyata maupun dunia maya. Olehnya itu, edukasi tentang moderasi beragama perlu terus disampaikan karena sudah banyak berita hoax yang jusru makin membuat keruh suasana sehingga peran serta generasi muda tentu sangat di butuhkan. mengingat karakteristik anak muda yang akrab dengan sosial media dan dengan bahasa yang lebih kekinian dapat membantu.

“Untuk itu, saya mengajak para kader-kader muda agar membuat program dan rencana aksi kepada masyarakat dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama. Mengajak seluruh warga supaya benar-benar memuliakan sesama manusia kulit, agama, dan latar belakang lainnya,” harapnya.

Baca juga: Maulid Nabi 1443 H, Wabup Gowa: Mari Tingkatkan Kecintaan kepada Rasulullah Saw

Sementara Ketua Panitia Pelaksana, Sofyan Jukni dalam laporannya menyebutkan bahwa kegiatan Kemah Moderasi yang di ikuti sebanyak 22 Madrasah dan dari berbagai organisasi yang berbeda merupakan yang pertama di Indonesia.

“Mudah-mudahan kegiatan ini adalah kegiatan awal, sehingga Insya Allah tahun depan kita bisa lakukan kegiatan yang lebih besar. Kemah Moderasi ini akan menjadi kemah pertama di Indonesia, maka Kemah Moderasi dari Kabupaten Gowa untuk Indonesia,” ungkapnya.

Baca juga: PKK Gowa Gelar Bimtek Tingkatkan Kapasitas Kader PKK dan Posyandu

Selain itu, pada kesempatan ini juga dilakukan Penyerahan Bantuan Pembangunan Masjid dari Pemerintah Kabupaten Gowa kepada MAN IC sebesar Rp500.000.000.

Turut hadir dalam pembukaan Kemah Moderasi ini, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gowa, Hj. Adliah, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial, Firdaus, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Gowa, Mappasomba. (JN/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button