MetroNewsNusantara
Trending

Abdul Hayat Buka Kongres II KSN, Ini Pesannya

Abdul Hayat: “Pandemi Covid-19 dan era revolusi industri 4.0 membuat tatanan kehidupan di dunia kerja menjadi berubah.”

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Abdul Hayat Gani, membuka secara resmi Kongres II Konfederasi Serikat Nusantara (KSN), di Hotel Grand Asia Makassar, Rabu, 3 November 2021. Ia mengapresiasi pelaksanaan kongres, dan berharap agar lahir pemikiran yang solutif dalam memperbaiki tatanan kehidupan rakyat. Khususnya bagi para pekerja/buruh dalam memantapkan langkah pengembangan organisasi, seiring dengan perkembangan zaman dengan segala dinamika dan tantangannya.

“Pandemi Covid-19 dan era revolusi industri 4.0 membuat tatanan kehidupan di dunia kerja menjadi berubah,” kata Abdul Hayat.

Ia mengungkapkan, terhambatnya aktivitas perekonomian akibat pandemi, secara otomatis membuat pelaku usaha melakukan efisiensi untuk menekan kerugian. Akibatnya, banyak perusahaan merumahkan bahkan memberhentikan pekerjanya. Untuk itu, perlu kebijakan yang tepat dalam menanggulangi dampak yang timbul.

Baca Juga: Peparnas Papua, Abdul Hayat: Kontengan Sulsel Jaga Persaudaraan

“Kebijakan tentu harus bertujuan untuk melindungi dan mengembalikan kesejahteraan masyarakat yang terdampak pandemi. Dan pemerintah harus turun tangan dalam mempersiapkan sumber daya manusia sesuai dengan kebutuhan dunia kerja pasca pandemi,” ujarnya.

Menurut Abdul Hayat, KSN sebagai salah satu organisasi pekerja harus menjadi wadah untuk menyalurkan aspirasi, berdiskusi. Dan, mencari solusi terhadap berbagai persoalan para pekerja.

Isu angkatan kerja, pengangguran, dan orang miskin, harus senantiasa mendiskusikan untuk mendapatkan solusi pemecahannya.

Baca Juga: Sekprov Abdul Hayat Beberkan Layanan Publik Kekinian Sulsel di KI Pusat

“Semoga berbagai isu-isu tersebut pada kongres ini, menjadi langkah awal dalam komitmen yang nyata bagi seluruh rakyat. Untuk turut serta berperan aktif dalam mempercepat penyelenggaraan ketenagakerjaan yang lebih baik. Tentunya, kami dari Pemprov Sulsel mengajak pengurus dan anggota KSN Sulsel untuk turut serta bersinergi dan berkolaborasi dalam upaya pencegahan dan penanganan pandemi,” harapnya.

Sementara, Presiden KSN, Mukhtar Guntur Kilat, berharap, program-program KSN bisa lebih menyesuaikan dengan situasi saat ini. Karena kongres pertama belum masuk era pandemi, sehingga ada perubahan yang signifikan.

“Kali ini, kita wacanakan akan memilih Presiden dan Wakil Presiden. Struktur lainnya setelah kongres. Saya berharap agar peserta yang hadir dalam kongres ini semua aktif. Sehingga menghasilkan program yang maksimal, dan para buruh yang ada di Indonesia bisa menikmati,” harapnya.

Baca Juga: Pemprov Sulsel Raih Penghargaan APE Kategori Mentor dari Kementerian PPPA

Dalam kesempatan tersebut, Dirjen Kemenaker PHI dan Jamsos TK, Indah Anggoro Putri, mengimbau agar seluruh pekerja dapat mandiri. Dan, terus menjaga solidaritas, kekompakan, dan terbebas dari segala bentuk pengaruh. Atau kontrol dari pihak-pihak luar yang mengganggu kinerja dan visi misi dari setiap pekerja.

“Kami terus menghimbau kiranya serikat pekerja dapat terus menjunjung tinggi dan menerapkan hak-hak berserikat, demokrasi, terbuka, mandiri. Dan bertanggung jawab, serta mendukung kemajuan kesejahteraan pekerja dan juga keberlangsungan usaha,” pesan Indah, saat membawakan sambutan dari Menteri Ketenagakerjaan lewat virtual zoom meeting.

Ia juga mengharapkan kiranya dapat memperkuat dan kapasitas seluruh pengurus dan anggota. Sehingga dapat terus tumbuh dan berkembang. Kompetisi tidak hanya terjadi di antara para pekerja, tapi juga kompetisi yang terjadi di antara para pengusaha atau pelaku bisnis.

“Teruslah fokus untuk membangun dan menjadikan serikat pekerja mandiri serta memiliki komitmen yang kuat. Untuk meningkatkan kesejahteraan seluruh anggota dengan terus mendukung pemulihan ekonomi nasional,” terangnya.

Hadir dalam kongres ini, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Makassar, Plt Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Sulsel, perwakilan Kapolda Sulsel, perwakilan Pangdam XIV Hasanuddin. (hm/ar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button