MetroNewsNusantara
Trending

Siaga Bencana, Plt Gubernur Sulsel Motivasi Petugas Kebencanaan

Andi Sudirman Sulaiman Minta Selalu Waspada Menjalankan Tugas Kemanusiaan

Siaga bencana, Plt Gubernur Andi Sudirman memberi motivasi kepada petugas kebencanaan. Ia juga minta agar selalu waspada menjalankan misi kemanusiaan.

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID โ€” Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Penanganan Bencana Alam dan Pengecekan Peralatan SAR Wilayah Sulsel di Lapangan Karebosi, Kamis, 11 November 2021. Memberikan motivasi dan semangat kepada semua personil.

Pada kesempatan ini menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Polda Sulsel yang menggelar apel konsolidasi antisipasi bencana alam dalam rangka meminimalisir terjadinya korban dan kesiapsiagaan dalam antisipasi bencana alam, yang dapat terjadi kapan dan dimana saja. Demikian apresiasi kepada TNI, BPBD dan SAR.

โ€œMenghadapi bencana alam, tentu diperlukan sinergitas dan solidaritas dalam bentuk antisipasi dan kesiapsiagaan baik dari SDM, logistik dan peralatan dengan menggunakan prinsip tanggap, tangkas dan tangguh, minimalisir korban, dan penyelamatan manusia dan harta benda,โ€ kata Andi Sudirman Sulaiman.

Baca Juga: Personel Lantamal VI Ikuti Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan

Ia juga mengingatkan keharusan selalu waspada mengingat informasi dari BMKG tentang potensi badai La Nina dengan intensitas moderat dapat terjadi pada bulan November 2021 sampai dengan Februari 2022 sehingga diprediksi akan mengakibatkan terjadinya cuaca ekstrim, curah hujan yang tinggi disertai angin kencang yang berpotensi menyebabkan banjir dan longsor maupun bencana hidrometeorologis lainnya.

Pesan lainnya, untuk menghentikan penebangan yang tidak jelas dan liar. Diharapkan setiap masyarakat cinta untuk menanam dan menghijaukan lingkungan.

Baca Juga: Direksi JTSE Temui Plt Gubernur Sulsel Bahas Rencana Akses Tol Ke MNP

Adapun, pengecekan alat ini menjadi ikhtiar usaha sebagai persiapan kesiap-siagaan, melakukan perencanaan dan persiapan yang baik. โ€œKita mengelola kondisi lebih baik jika terjadi persoalan kebencanaan, peralatan sudah cek alat-alat dan fungsional. Ini juga sebagai pemeriksaan reguler agar alat tetap berfungsi dan terawat. Kita berharap tidak ada bencana, tetapi paling penting kita selalu siap dalam berbagai kondisi yang dibutuhkan,โ€ sebutnya.

Baca Juga: Waspada La Nina, Andi Sudirman Minta BPBD Siaga

Pada pengecekan ini, salah satu yang menarik perhatian adalah perahu evakuasi yang terbuat dari drum/galon. โ€œIni mantap sekali, bisa masuk gang-gang perumahan,โ€ sebut Andi Sudirman saat apel siaga bencana.

Bintara Latihan SAT Brimob Polda Sulsel, Bripka Bakti Nusawan menjelaskan, perahu untuk evakuasi banjir, di mana memiliki kemampuan untuk dioperasikan masuk lingkungan perumahan gang kecil dan rawan dengan besi dan kayu yang tajam. Satu unitnya dibuat dengan biaya Rp 2-3 juta.

โ€œIni untuk mengevakuasi warga di sekitar perumahan, mungkin ada duri atau pagar yang tidak memungkinkan rubber boat masuk. Jadi ini kita gunakan perahu yang terbuat dari drum pelastik dan jerigen,โ€ jelasnya. (hm/ar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button