Trending

Praktik Money Politik Pilkades Serentak di Bone Diduga Masif

LBH IHI Layankan Laporkan ke Polisi

“Aksi money politik adalah merupakan tindak pidana yang di atur pada pasal 149 (1) KUHP dengan ancaman hukuman 9 bulan penjara dan denda Rp.4.500,” jelas Tim LBH Andi Ilham.

BONE, NEWSURBAN.ID — Praktik Politik uang atau money politik kembali di temukan di Kabupaten Bone Sulawesi Selatan (Sulsel). Tepatnya, di Desa Wollangi Kecamatan Barebbo, Bone.

Hal ini diketahui secara terang-terangan seorang oknum tim sukses calon kepala desa (Cakades) membagi-bagikan uang kepada masyarakat.

Bahkan tak tanggung-tanggung. Oknum Timses mempraktikkan money politik dengan membagi-bagikan amplop berisi uang senilai Rp200 ribu perorang.

Tindakan di nilai salah satu unsur dugaan tindak pidana. Lembaga Bantuan Hukum Institut Hukum Indonesia (LBH-IHI) melayakankan laporan ke Polres Bone, Rabu (17/11/2021). Laporan tersebut dengan dasar surat kuasa warga untuk melaporkan oknum cakedas lakukan tindakan money politik.

Baca juga: Videonya Viral Bagi-bagi Amplop Jelang Pilkades, Oknum Kades di Bone Lost Contact

Tim LBH Andi Ilham, mengatakan bahwa selain dirinya melapor ke Polres Bone untuk di proses. Pihaknya juga akan melaporkannya ke Bupati Bone.

“Aksi money politik adalah merupakan tindak pidana yang di atur pada pasal 149 (1) KUHP dengan ancaman hukuman 9 bulan penjara dan denda Rp.4.500,” jelasnya.

Andi Ilham menjelaskan, oknum Timses Cakedes yang lakukan pratik money politik berinisial SU, dengan memberikan uang kepada warga. Guna untuk memilih salah satu cakades. Semuanya, lanjutnya ada bukti kuat atas tindakan tersebut.

Baca juga: “Kawasan Tidak Bebas Serangan Fajar” Pesan Spanduk di Lamuru Sambut Pilkades Serentak Bone

“Sekarang ini kita uji di kepolisian. Apakah kepolisian betul-betul bisa memproses kasus ini, karena yang selalu kita sosialisasikan di bawah itu adalah money politick itu di larang dan melanggar. Makanya kita uji, karena Pilkades itu berbeda dengan pemilihan umum. Pilkades itu tidak memiliki aturan Perda atau Bawaslu. Makanya kita uji pidananya,” tambah Andi Ilham.

Pilkades serentak 2021 di Kabupaten di Bone.  Sejumlah desa terduga mempraktikkan money politik. Di antarannya Desa Wollangi Kecamatan Barebbo, Desa Data Kecamatan Mare dan Desa Lagori Kecamatan Tellu Limpoe. (Fan/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button