NasionalNewsNusantara
Trending

BNPB Terjunkan TRC dan Kirim Logistik Penanganan Darurat Erupsi Gunung Semeru

Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Suharyanto mengirim tim reaksi cepat atau TRC ke Lumajang Jawa Timur malam ini. Langkah itu, adalah respons cepat pasca erupsi Gunung Semeru.

JAKARTA, NEWSURBAN.ID Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal TNI Suharyanto, S.Sos., M.M, mengatakan, malam ini BNPB mengirimkan tim reaksi cepat (TRC) untuk memberikan pendampingan dalam penanganan darurat. Langkah itu, sebagai respons cepat BNPB dalam penanganan darurat pascaerupsi Gunung Semeru.

Menurutnya, TRC ini, akan evakuasi dan memberikan pelayanan masyarakat yang ada di pengungsian.

Suharyanto mengaku, BNPB juga mengirimkan bantuan logistik malam ini juga, bersamaan dengan TRC dan perwakilan kementerian dan lembaga.

“Malam ini kami mengirimkan TRC untuk mendampingi pemerintah daerah. Tim akan berangkat lewat darat dan membawa logistik bantuan, seperti selimut, makan siap saji, terpal, tenda darurat, matras dan logistik dasar lainnya,” ujar Suharyanto
dalam konferensi pers, pada Sabtu (4/12).

Baca Juga: Gunung Semeru Kembali Muntahkan Awan Panas, Khofiah Minta Evakuasi Warga

Kepala BNPB akan menuju ke Kabupaten Lumajang untuk memastikan penanganan darurat bencana secara cepat dan tepat, khususnya evakuasi dan penanganan korban luka-luka. Di samping itu, Suharyanto ingin membantu dan memastikan kebutuhan dasar warga yang terdampak.

Sementara itu, BPBD setempat masih terus melakukan pendataan terhadap warga yang mengungsi. Data sementara, pada hari ini (4/12), pukul 18.49 WIB, titik warga yang mengungsi berada di Balai Desa Penanggal. Juga, di rumah-rumah warga sekitar yang aman, Masjid Jarit, dan Balai desa Sumberwuluh.

Wakil Bupati Lumajang

Sementara itu, Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati menyampaikan bahwa warganya yang mengungsi sekitar 300 KK. Mereka berasal dari Curah Kobokan, Desa Supiturang. Indah telah berada di Puskesmas Penanggal untuk memantau warga yang menjadi korban erupsi.

Wakil Bupati menyampaikan sebagian warga desa sudah mengungsi, sehingga pihaknya tinggal mengevakuasi beberapa orang yang terjebak. Selebihnya, masih ada beberapa orang belum dapat terevakuasi karena sulit menjangkau lolasinya.

“Terakhir 1 jam yang lalu masih ada 10 orang yang belum bisa kita evakuasi karena lokasi sulit,” ujarnya.

Lebih lanjut, Indah mengatakan masih ada 1 warga yang meninggal dari Curah Kobokan. Pihak terkait sudah mengevakuasi korban tersebut.

Indah memperkirakan, di Desa Sumberwuluh, Kampung Renteng tempat area penambangan pasir, dua orang hilang.

“Belum bisa kita temukan. Delapan orang yang terjebak di kantor pemilik tambang. Terhambat material vulkanik yang masih panas,” ujarnya.

Data Sementara Korban

Korban luka yang terdata sementara berjumlah 41 orang. Petugas telah mengevakuasi ke Puskesmas Penanggal. Sebagian besar warga yang mengalami luka-luka di rujuk ke beberapa rumah sakit, seperti RSU Haryoto, RS Bhayangkara dan RS Pasirian.

Terkait dengan dampak di sektor pemukiman, pantauan Indah bahwa hampir semua rumah hancur di Curah Kobokan. Warga terdampak erupsi mengungsi sementara waktu di Balai Desa Penanggal.

Selain korban dan kerusakan di sektor pemukiman, ada jembatan putus, yaitu Gladak Perak. Kondisi ini mengakibatkan warga yang ada di Pronojiwo tidak bisa mengarah ke Wilayah Lumajang.

“Beberapa teman harus putar melewati Malang. BPBD dan Dinas Sosial Kabupaten Malang mohon membantu untuk membuka pos tempat pengungsian dan dapur umum untuk melayani warga di Pronojiwo,” ujar Wakil Bupati Lumajang.

Selain itu, banyak pohon yang tumbang jalan nasional menuju ke arah Malang terhambat.

Kepala BNPB Suharyanto menginformasikan bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Panglima TNI untuk meminta dukungan personel dan peralatan. Ia juga berharap Pemerintah Daerah Kabupaten Lumajang dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk memastikan penanganan masyarakat yang terdampak erupsi.

“Kami meminta masyarakat untuk tetap tenang, waspada dan terus mengikuti informasi resmi dari pemerintah, PVMBG, BNPB, BPBD maupun pemerintah daerah dan tidak terpicu isu yang tidak benar,” tambahnya.

Dalam keterangan pers, Kepala BNPB juga menyampaikan bahwa otoritas setempat masih memastikan proses evakuasi terhadap warga. Informasi sementara, belum ada informasi pendaki gunung yang terjebak saat erupsi berlangsung.

Sementara itu, BPBD Kabupaten Lumajang masih memastikan apkah masih ada penambang pasir yang terjebak saat peristiwa terjadi. Hingga kini belum ada laporan adanya korban jiwa.

Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB akan melakukan pemutakhiran informasi penanganan darurat Erupsi Gunung Semeru melalui konferensi pers setiap hari pada pukul 18.00 WIB. (rls/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button