Bupati Adnan Sebut Peran Desa Berkontribusi Dorong Pembangunan Daerah

Prinsip bottom up ini pendekatannya partisipatif. Jadi selain top down dari pemerintah kabupaten, inisiatif dari desa juga kita harapkan. Sehingga kolaborasi itu bisa berjalan dengan baik,” kata Bupati Adnan Purihcta Ichsan.

GOWA, NEWSURBAN.ID Bupati Gowa yang juga Sekretaris Jenderal Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), Adnan Purichta Ichsan menilai keberhasilan pemerintah daerah juga membutuhkan peran pemerintahan desa di dalamnya.

Bupati Adnan menyampaikan hal tersebut, saat menjadi narasumber pada Bimbingan Teknis/Peningkatan Kapasitas Bersama Bagi Anggota Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (ABPEDNAS) secara virtual, Sabtu (4/12).

Secara umum, ia mengakotegorikan pendekatan pembangunan dalam dua pendekatan utama. Yaitu pembangunan desa yang bersifat top- down, dan desa membangun yang berorientasi bottom-up.

“Prinsip bottom up ini pendekatannya partisipatif. Jadi selain top down dari pemerintah kabupaten, inisiatif dari desa juga kita harapkan. Sehingga kolaborasi itu bisa berjalan dengan baik,” ujar Bupati Gowa dua periode ini.

Menurut Adnan, pemerintah daerah sangat membutuhkan kolaborasi yang baik. Karena, hanya daerah yang mampu berkolaborasi dengan semua stakeholder yang ada, dapat menjadi daerah yang maju dan lebih baik daripada sebelumnya.

“Kalau dahulu hanya ada tiga pilar pembangunan, hari ini telah kita kembangkan menjadi lima pilar pembangunan. Yaitu, pemerintah, akademisi, pelaku usaha, masyarakat, dan media. Kelimanya harus terus berkolaborasi untuk mempercepat proses pembangunan di Indonesia,” kata orang nomor satu di Gowa ini.

Lebih lanjut Adnan menjelaskan bahwa posisi BPD di desa saat ini, sama dengan lembaga legislatif di tingkat daerah maupun pusat. Sehingga perannya cukup strategis untuk memberikan saran, masukan, dan juga sekaligus membahas bersama apa perencanaan program di masing-masing desa.

“Jadi, BPD dan pemerintah desa sebaiknya berjalan beriringan di dalam pembangunan desa. Tetapi kalaupun ada beberapa hal yang belum sejalan, maka itu adalah bagian dari dinamika. Intinya, BPD harus mampu menyuarakan aspirasi masyarakat desa,” imbuhnya.

Beradaptasi Kemajuan Teknologi

Selain kolaborasi, Adnan juga menganjurkan kepada peserta Bimtek untuk terus beradaptasi dengan kemajuan dan perkembangan teknologi yang ada saat ini.

“Jika hari ini ada yang tidak menuju pada digitalisasi, pasti tertinggal. Karena di era industri 4.0 ini, seluruh penyelenggaraan baik pemerintah maupun ekonomi, semua sudah menerapkan sistem digitalisasi,” terangnya.

Ia pun berharap bahwa pendekatan teknokratis yang sifatnya top down, tidak akan dapat berjalan optimal tanpa kolaborasi yang terjalin dengan baik dengan seluruh stakeholder dari pusat hingga desa. Oleh karena itu, pendekatan partisipatif yang bersifat bottom up sangat penting untuk melengkapi upaya pembangunan yang ada di Indonesia.

“Ya mudah-mudahan kolaborasi yang baik terus terjalin dalam membangun suatu daerah di wilayah kita masing-masing,” pungkasnya. (ps/*)

Exit mobile version