NewsNusantara
Trending

Plt Gubernur Sulsel Resmikan Bendung dan Embung Lalengrie, Wakil Bupati Bone: Terima Kasih Atas Kerja Kerasnya

Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman meresmikan Bendung Lalengrie dan Embung Lalengrie di Kabupaten Bone. Bendung berpotensi mengairi 1.100 hektare lahan pertaman. Dan, Embung Lalengrie dapat mengairi lahan pertanian seluas 300 hekatare.

BONE, NEWSURBAN.ID β€” Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi-Selatan Andi Sudirman Sulaiman meresmikan Bendung Lalengrie dan Embung Lalengrie yang terletak di Desa Ujung Lamuru, Kecamatan Lappariaja, Kabupaten Bone, Sabtu, 4 Desember 2021. Bendung dan embung ini hadir dari permintaan masyarakat.

β€œTentu hari ini kita datang untuk meresmikan bendung Lalengrie. Pembangunan Bendung ini sejak 2019 dan ini adalah hasil dari permintaan masyarakat sekitar dan kemudian kita buat,” kata Andi Sudirman Sulaiman.

Pembangunannya terbagi dalam dua tahapan pengerjaan. Di mana tahap pertama berupa pekerjaan bendung dan jaringannya senilai Rp21,5 miliar. Tahap 2 pekerjaan reservoir dan jaringannya dengan anggaran Rp41,9 miliar.

Baca Juga: Wakil Bupati Bone Hadiri High Level Meeting TPID Sulsel Jelang Nataru

Bendung dan embung Lalengrie telah selesai Untuk areal potensial bendung akan mengairi 1.100 hektare. Namun untuk pengerjaan tahap 1 dan tahap 2, baru bisa mengairi 700 hektare.

Masih ada pekerjaan lanjutan untuk menghubungkan daerah irigasi pada bagian bawah. Rencananya, kelanjutannya pada tahun 2022. Sedangkan embung Lalengrie akan mengaliri 300 haktere sawah.

Ini dibangun tujuannya untuk meningkatkan indeks produksi dari petani, baik dari petani baik perkebunan maupun padi. Serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Bendung Lalengrie 1 memiliki tinggi mercu 6,75 meter (m), lebar 18 m, 2 pintu penguras, 2 pintu intake, panjang kolam olak 13,5 m, volume tampung 3.523,73 m3. Sedangkan Lalengrie 2, untuk kolam reservoir atau embung dengan panjang 50 m, lebar 50 m, tinggi 2 m, volume tampung 400 m3. Jenis pompa terpasang 2 X 40 liter/detik (1.800 m3/hari). Power solar cell untuk menjalankan pompa sebesar 105.600 watt peak yang terdiri dari 320 buah solar cell . Setiap solar cell memiliki 330 WP.

Baca Juga: Kumpulkan Bupati dan Wali Kota, Plt Gubernur Sulsel Minta Turun ke Lapangan Pantau Harga dan Stok Kebutuhan Pokok Jelang Nataru

β€œKami berharap fasilitas ini untuk terpakai dengan baik, terpelihara, semua menjaga dan tertib dalam penggunaanya. Sipammase-mase ki (mari saling menyayangi),” sebutnya.

Wakil Bupati Bone, Ambo Dalle menyampaikan, hadir infrastruktur bendung dan embung sangat dibutuhkan oleh masyarakat Bone.

β€œDan yang paling bersyukur hari ini adalah kabupaten Bone, karena bangunan yang tidak pernah kita mimpikan hadir di tengah-tengah kita karena perjuangan dari Bapak Gubernur Sulsel,” sebutnya.

Ia menyebutkan, Andi Sudirman mengakomodir dinamika yang hadir di masyarakat. Selain membangun bendung juga membangun embung.

Baca Juga: Investor Taiwan Berminat Bangun Smelter di Bantaeng, Plt Gubernur Minta Pekerjakan Masyarakat Lokal

β€œAlhamdulillah, semua bisa terakomodir. Oleh karena itu saya mewakili pemerintah dan masyarakat Bone menyampaikan terima kasih atas kerja keras ini. Sehingga ini bisa hadir di Bone,” ujarnya.

Sementara, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Provinsi Sulsel, Astina Abbas menyampaikan, selain bendung dan embun utama juga telah dibangun 13.800 meter saluran induk dengan rencana pengembangan saluran sepanjang 28.300 meter.

β€œAtas izin dan petunjuk Bapak Plt Gubernur pembangunan jaringan sepanjang 14.500 meter yang tersisa akan dianggarkan tahun 2022 dengan alokasi Rp6 milar rupiah,” sebutnya.

Usai melakukan peresemian Andi Sudirman juga berdialog bersama dengan warga dan pemerintah setempat. Serta melakukan menyemai benih ikan di embung Lalengrie. (hm/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button