NewsNusantara

Banjir Bandang Soppeng, Plt Gubernur Sulsel Perintahkan BPBD Provinsi Segera Bawa Bantuan

Saat ini sementara loading bantuan logistik pangan dan family kit oleh Tim BPBD Provinsi untuk segera menuju lokasi banjir di Kabupaten Soppeng,” kata Plt. Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, merespons cepat banjir bandang Soppeng.

SOPPENG, NEWSURBAN.ID — Banjir bandang terjadi di Kabupaten Soppeng. Ada 4 Desa/Kelurahan di 3 Kecamatan yang terdampak banjir ini.

Berdasarkan data dari BPBD Soppeng, hujan yang terus menerus yang terjadi sejak tanggal 5 Desember 2021 pukul 18. 30 sampai Senin (6/12/2021) hari ini mengakibatkan sungai Paddangeng, Sungai Lawo, dan Sungai Belo meluap ke pemukiman warga.

Akibatnya terjadi banjir dibeberapa titik di Soppeng, yakni Kelurahan Ompo dan Desa Maccile di Kecamatan Lalabata; Desa Belo di Kecamatan Ganra; Desa Paddangeng di Kecamatan Donri-Donri.

Banjir ini pun mengakibatkan dua unit rumah beserta sejumlah barang dalam rumah itu terbawa arus banjir dan 1 uniy rumah bergeser. Adapun jumlah rumah yang terdampak banjir, masih dalam tahap asesmen oleh tim BPBD Kabupaten Soppeng.

Mendengar kabar itu, Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman menginstruksikan kepada BPBD untuk memastikan pemenuhan bantuan.

“Saat ini sementara loading bantuan logistik pangan dan family kit oleh Tim BPBD Provinsi untuk segera menuju lokasi banjir di Kabupaten Soppeng,” katanya, merespons banjir bandang Soppeng, Senin (6/12/2021).

Andi Sudirman menghimbau masyarakat tetap waspada antisipasi dampak curah hujan yang tinggi. Apalagi BMKG Wilayah IV memprediksi cuaca tiga hari kedepan hingga tanggal 7 Desember 2021 yang berpotensi terjadi hujan dengan intensitas tinggi dibeberapa daerah di Sulsel.

Ia pun meminta Badan Penanggulang Bencana Daerah (BPBD) Provinsi dan Kabupaten/kota untuk mengambil langkah kesiapsiagaan menghadapi kondisi cuaca saat ini.

“Kita harap bantuan ini dapat meringankan korban terdampak banjir. Serta untuk BPBD terus siaga untuk memastikan pemenuhan bantuan bagi korban,” pungkasnya. (cr/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button