MetroNewsNusantara
Trending

Gandeng BBPPKS Bangun Lumbung Sosial, Danny Minta Fokus di Kecamatan Langganan Banjir Tahunan

Bekerja sama BBPPKS Kota Makassar, Wali Kota Danny berharap daerah langganan banjir tahunan menjadi fokus pembangunan lumbung sosial percontohan. Seperti Kecamatan Biringkanaya, Tamalanrea dan Manggala.

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID β€” Persoalan klasik menjelang maupun saat menghadapi musim penghujan adalah banjir. Berbagai unsur yang melengkapi fenomena alam tersebut kerap menjadi perbincangan di semua kalangan.

Menyadari hal tersebut, Pemerintah Kota Makassar bersama Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Kota Makassar mengadakan pertemuan membahas kesiapan daerah menghadapi bencana banjir di Kediaman Pribadi Wali Kota Makassar,Jalan Amirullah, Kamis (9/12/2021).

Kepala BBPPKS Makassar Andi Asnandar mengatakan sesuai dengan kebijakan pusat maka daerah yang di anggap terkena dampak bencana perlu di buatkan lumbung sosial.

β€œMelihat catatan dan fenomena di Makassar, maka di tetapkan menjadi salah satu daerah penentuan lumbung sosial. Lumbung sosial ini di desain untuk daerah yang di kategorikan rawan bencana,” ungkap Asnandar.

Sementara itu Plt. Kepala Dinas Sosial Makassar Andi Muhyiddin Mustakim mengatakan dengan adanya kebijakan pendirian lumbung sosial akan sangat membantu masyarakat yang tertimpa musibah seperti banjir.

β€œJadi lumbung sosial jadi tempat penyedia stok seperti selimut maupun bahan makanan yang biasa di butuhkan masyarakat yang terkena dampak. Dengan adanya lumbung sosial ini setidaknya menjadi percepatan penanganan di tengah bencana,” ungkapnya.

Untuk Kota Makassar sendiri ada beberapa area yang sering menjadi langganan banjir, olehnya itu Wali Kota Makassar Moh Ramdhan β€œDanny” Pomanto sepakat memetakan tiga kecamatan sebagai daerah percontohan di Makassar.

β€œDi Makassar ini ada memang tempat yang menjadi langganan banjir. Area itu ada di Kecamatan Biringkanaya, Tamalanrea dan Manggala. Jadi sebaiknya deerah ini dulu yang di sasar sebagai percontohan,” terang Danny.

Untuk lebih memaksimalkan peran lumbung sosial nantinya,turut hadir pula camat serta sekretaris camat dari kecamatan yang di maksud sekaligus membahas apa saja kebutuhan pokok mendasar yang biasa di perlukan warganya. (cr/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button