EkonomiNewsNusantara
Trending

Bupati Adnan Paparkan Capaian dan Rencana Pembangunan Lima Tahun pada Raker IKKG

Menghadiri Raker IKKG, Bupati Adnan memaparkan capaian pembangunan dan rencana lima tahun ke depan.

GOWA, NEWSURBAN.ID Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan hadir dalam Rapat Kerja Badan Pengurus Nasional Ikatan Kerukunan Keluarga Gowa (IKKG) di Gedung Zamir Kampus IPDN Cilandak Jakarta, Sabtu (11/12).

Dalam pertemuan tersebut, Bupati Adnan memaparkan sejumlah pencapaiannya selama memimpin Kabupaten Gowa bersama wakilnya H. Abd Rauf Malaganni. Tak hanya itu, pihaknya juga memaparkan sejumlah rencana pembangunan di lima tahun mendatang.

Menurut Bupati Adnan, salah satu pencapaiannya yaitu berhasil menerima 129 penghargaan. Baik di tingkat internasional, nasional maupun provinsi.

“Diperiode pertama berkat kekompakan dan kebersamaan kita semua, kami mampu meraih 129 penghargaan. Penghargaan ini bukan karena keinginan kita, tetapi Karena ada apresiasi kinerja yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Gowa dan diakui Internasional, nasional dan provinsi,” ungkapnya.

Baca Juga: Akan di Bangun di Parangloe, Wabup Gowa Pelajari Konsep Wisata Cimory Dairyland Puncak

Orang nomor satu di Gowa ini berharap capaian ini bisa dipertahankan bahkan ditingkatkan sehingga mampu membawa Kabupaten Gowa yang lebih baik lagi dan masyarakatnya semakin sejahtera.

“Semoga capaian ini bukan hanya sekedar angka-angka, tetapi Insya Allah bisa membawa masyarakat kita lebih baik dan sejahtera di masa yang akan datang,” ujarnya.

Selain itu, Adnan juga mengungkapkan Indeks Pembangunan Manusia atau IPM Kabupaten Gowa juga semakin membaik. Saat ini IPM Kabupaten Gowa masuk dalam kategori tertinggi. Hal ini dilihat dari beberapa faktor, mulai dari pendidikan, kesehatan dan ekonomi.

“Kalau kita ingin lihat seberapa jauh perkembangan suatu daerah maka lihatlah IPMnya. IPM Kabupaten Gowa masuk pada kategori tinggi, IPM kita mulai 2015 hingga 2021 ini terus mengalami peningkatan,” ungkapnya.

Pertumbuhan Ekonomi

Begitupun di sektor perekonomian, Bupati Adnan mengatakan perekonomian Kabupaten Gowa selalu tumbuh positif yaitu di atas 7 persen. Begitupun di saat pandemi Covid-19, perekonomian Kabupaten Gowa tetap tumbuh positif walaupun hanya di atas 1 persen.

“Walaupun daerah lain banyak mengalami kontraksi perekonomian hingga minus di masa pandemi Covid-19, Alhamdulillah kita di Kabupaten Gowa bisa tetap tumbuh positif walaupun hanya 1 persen,” lanjutnya.

Begitupun dengan sistem pemerintahan, Bupati Gowa mengungkapkan bahwa, saat ini Kabupaten Gowa berada pada urutan ke-21 di Indonesia dengan tata kelola pemerintahan terbaik.

“Data terakhir, dari ranking 50, kita naik ke 30 besar dan terakhir kita naik peringkat 21 dengan pemerintah terbaik kabupaten dan kota seluruh Indonesia,” jelasnya.

Lebih lanjut Adnan mengaku bahwa kebijakan pembangunan Kabupaten Gowa mengacu pada nilai-nilai budaya yang ada. Dirinya menyebutkan ada lima nilai-nilai budaya yang menjadi pegangan kebijakan pembangunan Kabupaten Gowa.

Baca Juga: Potensi Perkebunan Kabupaten Gowa Bantu Sektor Pertanian Nasional

Pertama, Siri’ Napacce, yaitu rasa malu atau harga diri dan empat yang perlu dipertahankan agar harkat martabat tetap terjaga. Kemudian Assamaturu, yaitu kebersamaan, seiya sekata dan gotong royong. Kemudian Accera’ Sitongka-tongka, A’bulo Sibatang, yaitu senasib sepenanggungan, kekeluargaan, bersatu mencapai tujuan.

Selanjutnya, Siri’na Tumabuttayya Niaki Ripammarentayya, Pa’rupanna Gauka Niaki RI Tau Jaiyya, Parentai Tauwwa Di Ero’na, yang berarti harga diri masyarakat ada pada pemerintahanya, keberhasilan pembangunan ditentukan oleh partisipasi masyarakat, memimpin masyarakat sesuai harapannya.

“Kemudian yang terakhir filosofinya orang, Manna Ronrong Linoa, Gesara Butta Maraeng, Tau Gowayya Siama’-ama tonji. Karena membangun Kabupaten Gowa ini pemerintah tidak boleh jalan sendiri-sendiri tanpa didukung seluruh pihak yang ada” ungkapnya.

Pada kesempatan ini, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) ini juga memaparkan rencana program Pemerintah Kabupaten Gowa untuk lima tahun kedepan yang mengacu visi misinya.

Program Strategis 5 Tahun Kedepan

Beberapa program strategis Pemerintah Kabupaten Gowa hingga lima tahun kedepan, yaitu pembangunan di bidang pendidikan, kesehatan, keagamaan, infrastruktur, pertanian dan peternakan, pemberdayaan UMKM, pemerintahan, pemuda dan olahraga dan sektor pariwisata.

“Saya berharap dukungan dari kita semua, termasuk masyarakat Kabupaten Gowa yang ada di perantauan. Mari berkolaborasi membangun kampung halaman agar masyarakat makin sejahtera di masa yang akan datang,” harapnya.

Baca Juga: 25 Pengembang akan Ramaikan Gowa Property Expo 2021

Pada kesempatan ini Bupati Gowa juga sekaligus melaunching Data Base Paraikatte, Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara IKKG dengan PT. Rumah Indonesia sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa IT dan pengembangan UMKM.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gowa, Kamsina, sejumlah Pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Camat Lingkup Pemerintah Kabupaten Gowa serta jajaran pengurus BPN IKKG. (jn/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button