EkonomiNasionalNews

Sandiaga Bangga, AKI 2021 Tepat Sasaran Tingkatkan Omzet Pelaku Ekraf

Sadiaga Uno menyebut ajang AKI 2021 berdampak langsung terhadap peningkatan bisnis para pelaku ekonomi kreatif (ekraf). Termasuk meningkatkan omzet mereka.

JAKARTA, NEWSURBAN.ID Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S. Uno mengatakan Apresiasi Kreasi Indonesia 2021 (AKI 2021) berdampak langsung terhadap peningkatan bisnis para pelaku ekonomi kreatif (ekraf).

“Ajang AKI 2021, mampu mengatrol omzet pelaku ekraf secara signifikan,” kata Sandiaga ketika menghadiri Pekan Puncak Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2021 di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan pada Kamis (9/12).

Saat ini, dia mengaku sangat bersyukur atas pencapaian para pelaku ekraf yang terjadi di tengah pandemi.

Menurutnya, selain omzet yang meningkat signifikan, para pelaku ekraf sampai mengaku kebanjiran order. Bahkan, kata dia, pelaku ekraf hingga kewalahan memproduksi produk guna memenuhi pesanan.

“Prediksi kami jika mereka bisa memperkuat sistem produksinya, maka mereka bisa meningkatkan antara dua sampai tiga kali lipat omset. Baik produk yang dijual secara lokal maupun nasional,” jelas Sandiaga.

Selain omzetnya meningkat, hal yang juga para pelaku ekraf dapatkan adalah pelatihan dan pendampingan. Melalui pelatihan tersebut, mereka jadi tersentuh oleh digitalisasi yang secara langsung memperluas jaringan dan pemasaran.

Program AKI 2021 Tepat Sasaran

Sandi mengatakan, capaian para pelaku ekraf tersebut adalah bukti program AKI 2021 telah tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu. Untuk menggerakkan ekonomi dan membuka lapangan kerja.

“Jadi bagi kami, apalagi sekarang kita bisa menjalin kemitraan dengan platform e-commerce, ini membuka peluang yang sangat besar untuk industri ekonomi kreatif yang kita harapkan akan meningkatkan skala UMKM dari kecil menjadi menengah, menengah menjadi perusahaan besar,” tutur Sandiaga.

Dia meyakini, lewat adaptasi, inovasi dan kolaborasi, bisa menghadapi beragam hambatan dan rintangan. Tak hanya mampu memasarkan produk ke seluruh Nusantara, para pelaku ekraf yang tergabung dalam AKI 2021 itu juga menyasar pasar mancanegara.

“Kami mencatat ada 16 kreasi anak bangsa yang berasal dari seluruh Indonesia berhasil masuk final. Dan yang sangat menggembirakan kita, bahwa testimoni dari para peserta menunjukkan bahwa omzet mereka meningkat setelah mengikuti program AKI. Dan sebagian dari mereka sudah go export, alhamdulillah” ungkap Sandiaga. (up/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button