MetroNewsNusantara
Trending

SKPD Pemkab Gowa Diminta Perkuat Data Untuk Penyusunan LPPD

“Saya juga berharap Kabupaten Gowa juga mampu bersaing meraih peringkat terbaik pada tingkat nasional.” Kamsina, Pj Sekda Gowa.

GOWA, NEWSURBAN.ID Penjabat (PJ) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gowa Kamsina mendorong agar seluruh SKPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Gowa dapat menyusun Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) secara maksimal.

Menurutnya, hal tersebut penting sebab penyusunan LPPD merupakan salah satu fase yang penting dalam siklus mekanisme penyelenggaraan pemerintah daerah. Apalagi ini telah diatur Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 bahwa kepala daerah wajib menyampaikan LPPD, LKPJ dan ringkasan LPPD.

“Kegiatan Bimtek ini menjadi sangat penting mengingat melalui kegiatan ini mampu menyamakan persepsi para pimpinan SKPD masing-masing penanggung jawab urusan untuk menyediakan sejumlah data yang lebih maksimal sehingga LPPD Kabupaten Gowa tahun 2021 lebih berkualitas dengan penyediaan data indikator kinerja kunci yang lenih optimal,” katanya saat membuka Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) Kabupaten Gowa Tahun Anggaran 2021 di Vadivalley Pattallassang, Jumat (17/12).

Baca Juga: Dorong Investasi Hunian Lewat Gowa Property Expo 2021

Kamsina menyebutkan, penyelenggaraan pemerintah di Kabupaten Gowa saat ini telah berjalan sesuai dengan semangat perubahan berdasarkan paradigma baru yang berkembang yaitu penyelenggaraan pemerintahan yang berazaskan efisiensi, efektivitas, transparansi  dan akuntabilitas.

Lanjutnya, capaian yang telah laksanakan pada tahun terakhir penetapan peringkat Kabupaten Gowa oleh Pemerintah Provinsi berada pada peringkat 3 (tiga). Sedangkan pemerintah pusat mengapresiasi dengan peringkat 12 secara nasional dengan skor 3,4906 pada hasil evaluasi LPPD tahun 2018 dan 3,6618 di tahun 2019.

“Walaupun nilainya masuk dalam kategori sangat tinggi akan tetapi jika dibandingkan dengan kabupaten lain di seluruh indonesia masih terdapat selisih beberapa angka dari peringkat pertama nasional,” lanjutnya.

Baca Juga: Harga dan Stok Kebutuhan Pokok di Gowa Jelang Nataru Terkendali

Selain itu, dirinya berharap dengan adanya Bimtek ini dapat menjadi bahan bagi setiap SKPD penanggung jawab urusan dapat memahami dengan baik metode pengupulan data indikator kinerja outcome dan indikator kinerja output yang akan dikumpulkan nantinya pada proses penyusunan LPPD Kabupaten Gowa tahun anggaran 2021 sehingga nilai capaian LPPD Kabupaten Gowa mampu bersaing dengan kabupaten lainnya.

“Saya juga berharap Kabupaten Gowa juga mampu bersaing meraih peringkat terbaik pada tingkat nasional,” harapnya.

Baca Juga: Pemkab Gowa Imbau Masyarakat Waspadai Varian Baru Covid-19 Jenis Omicron

Kepala Bagian Tata Pemerintah Sekretariat Daerah Kabupaten Gowa, Zubair Usman mengatakan bahwa kegiatan ini diikuti 54 peserta dari local Contact penyedia data LPPD dari masing-masing SKPD.

“Kegiatan ini untuk menuangkan komitmen dan persamaan dalam penyusunan LPPD secara lebih baik, karena LPPD ini merupakan indikator utama keberhasilan pemerintahan daerah,” tambahnya. (jn/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button