KesehatanNewsSulsel

Percepat Cakupan Vaksinasi 70 Persen, Pemkab Gowa Perluas Target dan Titik Vaksin

Bupati, Wakil Bupati dan Pj Sekda Bersama Forkopimda Terus Lakukan Pengecekan Data

GOWA, NEWSURBAN.ID — Percepat cakupan vaksinasi Covid-19 mencapai 70 persen pada akhir Desember 2021 mendatang, Pemerintah Kabupaten Gowa melakukan upaya preventif, seperti memperluas target sasaran hingga titik vaksinasi.

Di mana hingga saat ini vaksinasi massal pada seluruh kelompok masyarakat terus di genjot di 18 kecamatan di Kabupaten Gowa. Tak hanya itu, untuk memaksimalkan sasarannya seluruh pimpinan daerah maupun Forkopimda Kabupaten Gowa turun langsung melakukan pengawasan dan pengecekan data vaksinasi.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan melakukan pemantauan dan pengarahan percepatan vaksinasi di Kecamatan Bontonompo, Bajeng dan Pallangga, Rabu (22/12).

Baca Juga: Pemkab Gowa Gandeng AMCF Bangun Rumah Duafa untuk Warga Pattallassang

Kemudian di waktu yang sama Wakil Bupati Gowa, Abd. Rauf Malaganni memantau percepatan vaksinasi di wilayah dataran tinggi, seperti di Kecamatan Parangloe dan Parigi. Selajutnya, Penjabat Sekretaris Kabupaten Gowa Kamsina meninjau di Wilayah Kelurahan Parangbanoa yang berlokasi di Kantor Lurah Parangbanoa, Kecamatan Pallangga.

Bupati Adnan mengatakan, jika melihat pertumbuhan capaian setiap harinya rata-rata 1 persen, di mana saat ini cakupan vaksinasi di Kabupaten Gowa berada di angka 56,54 persen maka di akhir tahun tentunya hanya bisa mencapai 66 persen. Sehingga perlu ada upaya maksimal agar target tersebut dapat terpenuhi.

“Harus ada langkah cepat untuk melakukan percepatan. Misalnya setiap harinya bukan lagi 1 persen tapi minimal 1,5 persen, karena saat ini kita 56,54 persen makanya ini perlu kita percepat, menambah cakupan, target, sasaran untuk mencapai target sebaran di akhir Desember mendatang,” katanya.

Baca Juga: Pemkab Gowa Buka Lelang Jabatan Lima SKPD

Ia berharap seluruh jajaran kecamatan dari bawah mulai RT/RK, Dusun/Lingkungan, Kepala Desa/lurah, Babinsa dan Babinkamtibmas ikut aktif dalam mendatangkan masyarakat untuk melakukan vaksinasi agar di akhir Desember Kabupaten Gowa mampu mencapai 70 persen cakupan vaksinasi.

Terpisah, Wabup Gowa Abd. Rauf Malaganni menyebutkan, beberapa titik pelaksanaan vaksinasi yang ia kunjungi, antara lain di Kantor Desa Bontokassi, Kecamatan Parangloe dan di Dusun Pattiro, Desa Manimbahoi, Kecamatan Parigi.

“Kita harap semua masyarakat dapat membantu pemerintah agar bagaimana cakupan vaksinasi yang kita targetkan terealisasi,” ujarnya.

Baca Juga: Pj Sekda Gowa Ajak IPM Berkolaborasi Tingkatkan Cakupan Vaksinasi Covid-19

Ia pun berharap, dengan upaya nyata pemerintah melaksanakan vaksinasi dengan maksimal ini maka target cakupan 70 persen tersebut dapat dicapai.

“Waktu kita sembilan hari lagi menuju akhir Desember. Kita berharap kita bisa maksimalkan dan sesuai target yang telah ditentukan,” katanya.

Sementara, salah seorang warga Desa Manimbahoi, Kecamatan Parigi Tharisa (20) mengatakan, vaksinasi yang dijalaninya merupakan vaksinasi pertama.

“Vaksinasi ini dapat membantu masyarakat dalam membentuk kekebalan tubuh. Sehingga tubuh tidak gampang terserang penyakit maupun virus,” kata Tharisa. (dw/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button