KesehatanNewsSulsel
Trending

Sinergitas Tiga Pilar Bantu Tingkatkan Capaian Vaksinasi di Gowa

GOWA, NEWSURBAN.ID — Sinergitas tiga pilar yakni pemerintah, TNI dan Kepolisian menjadi salah satu cara yang pemerintah di Kabupaten Gowa untuk meningkatkan cakupan vaksinasi. Khususnya dalam mencapai target 70 persen hingga 31 Desember 2021 mendatang.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan sinergi tiga pilar ini, merupakan langkah strategis. Untuk memanfaatkan sisa waktu yang sangat terbatas menjelang akhir tahun 2021 ini.

“Mulai sekarang kita tidak menjalankan vaksinasi secara parsial-parsial misalnya Polres jalan sendiri, Kodim jalan sendiri. Tetapi kini bersama-sama pemerintah dalam hal ini tenaga kesehatan, TNI dan Kepolisian. Karena tujuan kita sama yaitu membuat Kabupaten Gowa bisa mencapai target. Jadi cara kami semua lakukan bersama dan penginputan ke aplikasi oleh tim. Agar tidak ada lagi kesalahan,” ungkapnya saat melakukan kunjungan di Kecamatan Bontonompo, Bajeng dan Pallangga, Rabu (23/12).

Tak hanya itu, pihaknya bersama Dandim 1409, Kapolres Gowa, dan Kejari Gowa juga kini setiap harinya mengunjungi kecamatan. Mengecek apa yang menjadi kendala di lapangan untuk mencapai 70 persen. Sekaligus memberikan saran dan masukan atas kendala tersebut.

“Seluruh kabupaten/kota hingga provinsi harus mencapai 70 persen sampai tanggal 31 desember. Itulah mengapa saya bersama Forkopimda bersepakat keliling kecamatan untuk mengetahui. Sekaligus menghimpun saran, masukan, dan apa masalahnya agar bisa mencapai target,” ungkapnya.

Baca Juga: Percepat Cakupan Vaksinasi 70 Persen, Pemkab Gowa Perluas Target dan Titik Vaksin

Saat ini kata Adnan, posisi cakupan vaksinasi Gowa telah mencapai 57 persen. Masih butuh 13 persen untuk mencapai 70 persen. Sehingga setiap harinya harus mencapai 1,44 persen tervaksin.

Adnan berharap seluruh jajaran kecamatan, mulai RT/RK, Dusun/Lingkungan, Kepala Desa/lurah, Babinsa dan Babinkamtibmas ikut aktif. Dalam mendatangkan masyarakat untuk melakukan vaksinasi. Agar di akhir Desember Kabupaten Gowa mampu mencapai 70 persen cakupan vaksinasi.

Sementara Dandim 1409 Gowa, Letkol Infanteri Prasetyo Ari Wibowo mengaku pihaknya menurunkan 12 tim. Tim itu, menyebar di seluruh wilayah Kabupaten Gowa untuk membantu pemerintah. Babinsa di 167 desa/kelurahan juga aktif membantu pemerintah setempat.

“Upaya kita, kita menerjungkan dan membentuk 12 tim yang kita sebar di seluruh wilayah Kabupaten Gowa mencakup di dalamnya 8 Koramil.  Kemudian, 167 desa Babinsa kami yang memberikan informasi di mana titik penuh yang banyak masyrakatnya. Dan pada saat itu ada kegiatan vaksinasi, kita akan antarkan tim kita kesana,” ungkapnya.

Baca Juga: Pemkab Gowa Gandeng AMCF Bangun Rumah Duafa untuk Warga Pattallassang

Dandim mengaku, pihaknya juga mendapat target yang sama. Sehingga apabila pemerintah mengalami kekurangan vaksin. Stok yang ada di Kodim Gowa siap mereka gunakan untuk kecamatan atau desa/keluharan yang membutuhkan.

“Kita memiliki jatah vaksin tersendiri, jadi jika ada yang membutuhkan stok silahkan berkoordinasi,” jelasnya.

Ia berharap dengan sinergitas-sinergitas dan pola berjalan baik setiap harinya Kabupaten Gowa. Sehingga bisa mencapai target vaksinasi 70 persen di tanggal 31 Desember 2021 mendatang. (nh/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button